FATHAINI, Kamila (2020) Konstruksi Identitas Penikmat Kopi di Tengah Maraknya Coffee Shop di Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
1 Cover_Kamila Fathaini_F1C016082_Skripsi_2020.pdf Download (65kB) |
|
PDF (Legalitas)
2 Legalitas-Kamila Fathaini-F1C016082-Skripsi-2020_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) |
|
PDF (Abstrak)
3 ABSTRAK-Kamila Fathaini-F1C016082-Skripsi-2020.pdf Download (176kB) |
|
PDF (BabI)
4 BAB I-Kamila Fathaini-F1C016082-Skripsi-FISIP-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
|
PDF (BabII)
5 BAB II-Kamila Fathaini-F1C016082-Skripsi-FISIP-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) |
|
PDF (BabIII)
6 BAB III-Kamila Fathaini-F1C016082-Skripsi-FISIP-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
|
PDF (BabIV)
7 BAB IV-Kamila Fathaini-F1C016082-Skripsi-FISIP-2020_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
8 BAB V-Kamila Fathaini-F1C016082-Skripsi-FISIP-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
9 DAFTAR PUSTAKA- Kamila Fathaini-F1C016082-Skripsi-2020.pdf Download (221kB) |
|
PDF (Lampiran)
10 Lampiran-Kamila Fathaini-F1C016082-Skripsi-FISIP-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
Abstract
Beberapa tahun terakhir kopi sedang marak-maraknya di Indonesia. Tak terkecuali di Purwokerto. Meskipun Purwokerto bukan kota besar, tetapi banyak coffee shop baru yang berdiri di Purwokerto sejak adanya fenomena ini. Pada saat ini coffee shop tidak hanya menjadi suatu komoditas yang dikonsumsi masyarakat di saat kantuk. Namun coffee shop sudah menjelma menjadi gaya hidup yang mana simbol-simbol didalamnya digunakan oleh masyarakat untuk membentuk identitas diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami sebuah realitas sosial dari pengalaman subjek yang melakukannya. Dalam hal ini adalah seseorang yang sering datang ke coffee shop yang mana melakukan suatu tindakan secara berulang sehingga secara tidak sadar menciptakan sebuah identitas mengenai dirinya. Penelitian yang berjudul “Konstruksi Identitas Penikmat Kopi di Tengah Maraknya Coffee shop di Purwokerto” menggunakan teori interaksi simbolik George Herbert Mead dan Blummer, teori identitas dari Michael Hecht, dan teori masyarakat konsumerisme dari Jean Baudrillard. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sedangkan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi yang didapatkan dari media sosial informan. Validasi data penelitian ini menggunakan triangulasi metode yang mana membandingkan data dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan identitas seseorang yang terjadi karena fenomena maraknya coffee shop di Purwokerto dapat dilihat dari tiga hal, yaitu pertama motivasi datang ke coffee shop yang meliputi ngopi atau minum kopi, diskusi, sensasi dan fotografi, kedua tahapan dalam menikmati kopi, dan kepuasan yang didapatkan ketika sedang berada di coffee shop dan menikmati kopi. Kata Kunci: Coffee shop, Identitas diri, Konsep diri, Gaya hidup
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F20260 |
Uncontrolled Keywords: | Coffee shop, Identitas diri, Konsep diri, Gaya hidup |
Subjects: | S > S438 Social life and customs |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mrs Kamila Fathaini |
Date Deposited: | 28 Dec 2020 03:32 |
Last Modified: | 28 Dec 2020 03:32 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/6886 |
Actions (login required)
View Item |