NADIRA, Saskia Ayu (2019) Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri 4 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Saskia Ayu Nadira-C1L015040-Skripsi-2019.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Saskia Ayu Nadira-C1L015040-Skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Saskia Ayu Nadira-C1L015040-Skripsi-2019.pdf Download (2MB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Saskia Ayu Nadira-C1L015040-Skripsi-FEB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Saskia Ayu Nadira-C1L015040-Skripsi-FEB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Saskia Ayu Nadira-C1L015040-Skripsi-FEB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Saskia Ayu Nadira-C1L015040-Skripsi-FEB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Saskia Ayu Nadira-C1L015040-Skripsi-FEB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA -Saskia Ayu Nadira-C1L015040-Skripsi-2019.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Saskia Ayu Nadira-C1L015040-Skripsi-FEB-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen dengan menggunakan eksperimen semu (quasi eksperimental research). Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas dan hasil belajar ekonomi siswa SMA Negeri 4 Purwokerto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 4 Purwokerto sebanyak 142 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dimana pengambilan sampel dipilih secara khusus berdasarkan pertimbangan tertentu. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas X IPS 2 dan X IPS 4 yang masing-masing kelas berjumlah 36 siswa, sehingga sampel keseluruhan dalam penelitian ini sebanyak 72 siswa. Berdasarkan penelitian dan analisis data menunjukan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kreativitas antara siswa yang menggunakan metode pembelajaran mind mapping dengan metode konvensional. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan metode pembelajaran mind mapping dengan metode konvensional. 3) Terdapat pengaruh positif penerapkan metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa. 4) Terdapat pengaruh positif penerapkan metode mind mapping terhadap kreativitas siswa. 5) Terdapat pengaruh kreativitas siswa terhadap hasil belajar siswa. 6) Kreativitas siswa memediasi pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C19439 |
Uncontrolled Keywords: | Mind Mapping, Kreativitas Siswa dan Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | A > A19 Academic achievement |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 1041 not found. |
Date Deposited: | 20 Jan 2021 02:48 |
Last Modified: | 20 Jan 2021 02:48 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/7135 |
Actions (login required)
View Item |