SORAYA, Ghea Putri (2021) Hubungan antara Motivasi dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Ghea Putri Soraya-G1A017091-skripsi-2021.pdf Download (128kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Ghea Putri Soraya-G1A017091-skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (796kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Ghea Putri Soraya-G1A017091-skripsi-2021.pdf Download (208kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Ghea Putri Soraya-G1A017091-skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Ghea Putri Soraya-G1A017091-skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Ghea Putri Soraya-G1A017091-skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Ghea Putri Soraya-G1A017091-skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Ghea Putri Soraya-G1A017091-skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Ghea Putri Soraya-G1A017091-skripsi-2021.pdf Download (393kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Ghea Putri Soraya-G1A017091-skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (614kB) |
Abstract
Latar Belakang: Prestasi akademik merupakan salah satu tolok ukur mutu pendidikan. Prestasi akademik dipengaruhi banyak faktor, antara lain motivasi belajar dan pendekatan belajar. Kegiatan Belajar dan mengajar dapat diilustrasikan dengan model belajar Presage-Process-Product (3P) menurut Biggs. Mahasiswa kedokteran tahun pertama akan menghadapi berbagai masalah akademik dan kendala. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi akademik pada mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman angkatan 2019. Metode: Rancangan cross sectional dilakukan pada 90 mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman angkatan 2019 yang terpilih melalui consecutive sampling. Pengambilan data menggunakan Kuesioner Motivasi Belajar dan Kuesioner Pendekatan Belajar. Data Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) diperoleh dari Bagian Tata Usaha Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman. Uji hipotesis menggunakan korelasi Spearman. Hasil: P-value dari analisis korelasi Spearman adalah 0,458. Motivasi responden berkategori cukup tinggi (84,44%). Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) responden terbanyak berada pada kategori IPK baik sekali (57,78%), rerata IPK responden sebesar 3,34. Jenis pendekatan belajar sebanyak 38,89% menggunakan pendekatan belajar secara mendalam (deep approach). Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi akademik (p > 0,05).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | G21037 |
Uncontrolled Keywords: | Model Belajar 3P Biggs, Motivasi Belajar, Prestasi Akademik Academic Achievement, Biggs 3P Learning Model, Learning Motivation |
Subjects: | A > A19 Academic achievement C > C559 College students M > M567 Motivation Psychology |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter |
Depositing User: | Mrs Ghea Putri Soraya |
Date Deposited: | 11 Feb 2021 04:32 |
Last Modified: | 11 Feb 2021 04:32 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/7716 |
Actions (login required)
View Item |