Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap terhadap Konseling Apoteker di Bangsal Penyakit Dalam RSUD Margono Soekarjo Purwokerto

NUGRAHAHENI, Siskha Novi (2018) Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap terhadap Konseling Apoteker di Bangsal Penyakit Dalam RSUD Margono Soekarjo Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Siskha Novi-G1F014046-SKRIPSI-FIKES-2018.pdf

Download (164kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Siskha Novi-G1F014046-SKRIPSI-FIKES-2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Siskha Novi-G1F014046-SKRIPSI-FIKES-2018.pdf

Download (238kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Siskha Novi-G1F014046-SKRIPSI-FIKES-2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Siskha Novi-G1F014046-SKRIPSI-FIKES-2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Siskha Novi-G1F014046-SKRIPSI-FIKES-2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Siskha Novi-G1F014046-SKRIPSI-FIKES-2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Siskha Novi-G1F014046-SKRIPSI-FIKES-2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Siskha Novi-G1F014046-SKRIPSI-FIKES-2018.pdf

Download (301kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Siskha Novi-G1F014046-SKRIPSI-FIKES-2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: Pasien penyakit kronis merupakan salah satu pasien yang perlu diberikan konseling. Konseling merupakan salah satu standar layanan kefarmasian di bidang farmasi klinis. Konseling dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Melalui pengukuran kepuasan, dapat diketahui sejauh mana mutu layanan kesehatan yang telah diselenggarakan dapat memenuhi harapan pasien. Pasien kronis di RSUD Margono Soekarjo Purwokerto ditempatkan di bangsal penyakit dalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat inap terhadap konseling apoteker di bangsal penyakit dalam RSMS. Metodologi: Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross-sectional selama 1 bulan. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner kepuasan pasien yang diadaptasi dari penelitian Jose et al. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil: Tingkat kepuasan pasien 36 responden adalah 79,93%, yang tergolong dalam kepuasan sedang. Aspek dengan kategori kepuasan baik terdapat pada pertanyaan apoteker, bahasa yang digunakan apoteker, dan cara interaksi apoteker saat konseling. Sementara aspek dengan kategori kepuasan sedang antara lain cara diskusi apoteker, privasi yang diberikan apoteker saat konseling, pengetahuan apoteker, respon apoteker, durasi konseling, dan informasi yang diberikan apoteker. Kesimpulan: Pasien rawat inap bangsal penyakit dalam RSMS merasakan kepuasan kategori sedang terhadap layanan konseling apoteker

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: G18283
Uncontrolled Keywords: konseling apoteker, kepuasan, RSMS
Subjects: C > C1020 Customer services
H > H250 Hospitals
P > P103 Patients
Divisions: Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Farmasi
Depositing User: Mrs Zahra Madani
Date Deposited: 18 Feb 2021 02:49
Last Modified: 18 Feb 2021 02:49
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/7882

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year