ASLAM, Irsyad (2020) User Acceptance pada Pengguna Aplikasi Mobile Payment OVO (Studi Kasus di Purwokerto, Jawa Tengah). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Irsyad Aslam-C1B016092-Skripsi-2020.pdf Download (956kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Irsyad Aslam-C1B016092-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (620kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Irsyad Aslam-C1B016092-Skripsi-2020.pdf Download (208kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Irsyad Aslam-C1B016092-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Irsyad Aslam-C1B016092-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Irsyad Aslam-C1B016092-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Irsyad Aslam-C1B016092-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (608kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Irsyad Aslam-C1B016092-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Irsyad Aslam-C1B016092-Skripsi-2020.pdf Download (324kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Irsyad Aslam-C1B016092-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (937kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kuantitatif melalui metode survei pada pengguna mobile payment OVO yang bertempat tinggal di Purwokerto, Jawa Tengah. Penelitian ini berjudul “User Acceptance pada Pengguna Mobile Payment OVO (Studi Kasus di Purwokerto, Jawa Tengah). Penelitian ini bertujuan guna menganalisis penerimaan pengguna mobile payment OVO dengan cara menelusuri pengaruh performance expectancy, effort expectancy, facilitating conditions, habit, price value, dan hedonic motivation terhadap behavioral intention to use, yang dimoderasikan oleh variabel usia. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh individu yang menggunakan mobile payment OVO yang bertempat tinggal di Purwokerto, Jawa Tengah. Dari hasil survei yang dilakukan, peneliti menggunakan sampel sejumlah 133 responden melalui teknik pengambilan sampel yang menggunakan teknik purposive sampling. Mengacu pada hasil penelitian dan analisis data melalui analisis PLS-SEM, menunjukkan bahwa: (1) Performance expectancy tidak signifikan terhadap behavioral intention to use, (2) Effort expectancy berpengaruh signifikan dan positif terhadap behavioral intention to use, (3) Facilitating conditions tidak signifikan terhadap behavioral intention to use, (4) Habit berpengaruh signifikan dan positif terhadap behavioral intention to use, (5) Price value berpengaruh signifikan dan positif terhadap behavioral intention to use, (6) Hedonic motivation berpengaruh signifikan dan positif terhadap behavioral intention to use. Selain itu, dari hasil uji hipotesis moderasi dapat simpulkan bahwa variabel usia memoderasi serta memperkuat pengaruh positif effort expectancy, habit, dan hedonic motivation. Sedangkan, variabel usia tidak memoderasi serta tidak memperkuat pengaruh positif performance expectancy, facilitating conditions, dan price value. Berdasarkan penjelasan sebelumnya, perusahaan OVO sebaiknya lebih berfokus pada kinerja atau performa aplikasi, ketersediaan sumber daya yang dapat berupa bantuan layanan konsumen yang lebih baik, serta hendaknya lebih mendiferensiasi setiap layanan menurut kategori usia konsumen agar aplikasi tersebut dapat dipakai dan diterima oleh semua kalangan usia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C20171 |
Uncontrolled Keywords: | Penerimaan Pengguna, Penerimaan Teknologi, UTAUT2, PLSSEM, Mobile Payment, OVO |
Subjects: | C > C690 Computer programming E > E167 Electronic commerce T > T67 Technology |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | Mr Irsyad Aslam |
Date Deposited: | 16 Feb 2021 08:06 |
Last Modified: | 16 Feb 2021 08:06 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/7925 |
Actions (login required)
View Item |