Kepuasan Pasien Hipertensi Terhadap Layanan Pengawas Minum Obat di Dua Fasilitas Kesehatan Primer Kabupaten Banyumas

ESALIA, Rahma Ayu (2018) Kepuasan Pasien Hipertensi Terhadap Layanan Pengawas Minum Obat di Dua Fasilitas Kesehatan Primer Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Rahma Ayu Esalia-G1F014068-Skripsi-2018_1.pdf

Download (298kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rahma Ayu Esalia-G1F014068-Skripsi-2018_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rahma Ayu Esalia-G1F014068-Skripsi-2018_1.pdf

Download (272kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Rahma Ayu Esalia-G1F014068-Skripsi-2018_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Rahma Ayu Esalia-G1F014068-Skripsi-2018_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Rahma Ayu Esalia-G1F014068-Skripsi-2018_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (924kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Rahma Ayu Esalia-G1F014068-Skripsi-2018_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Rahma Ayu Esalia-G1F014068-Skripsi-2018_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rahma Ayu Esalia-G1F014068-Skripsi-2018_1.pdf

Download (531kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Rahma Ayu Esalia-G1F014068-Skripsi-2018_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Pengobatan hipertensi dikatakan berhasil jika tekanan darah terkontrol. Salah satu upaya meningkatkan kontrol tekanan darah pasien hipertensi adalah melakukan pengawasan minum obat. Layanan PMO dengan SMS adalah salah satu metode yang efisien dan terbukti meningkatkan kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien hipertensi terhadap layanan pengawas minum obat di dua fasilitas kesehatan primer kabupaten Banyumas. Metodologi : Penelitian ini adalah penelitian eksperimental one grup posttest design. Pasien dipilih menjadi sampel dengan metode purposive sampling sesuai kriteria inklusi. Intervensi yang diberikan berupa layanan pengingat dengan SMS harian dan telepon mingguan serta kunjungan kerumah. Diakhir penelitian dilakukan penilaian kepuasan menggunakan kuesioner yang dikembangkan oleh peneliti dan telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil data kepuasan pasien dianalisis secara deskriptif. Hasil Penelitian : Dari 29 pasien yang menjadi sampel, 86% pasien memiliki tingkat kepuasan tinggi terhadap layanan PMO dengan skor rata-rata 3,31 dan 14% memiliki tingkat kepuasan sedang terhadap layanan PMO dengan skor rata-rata 2,86. Skor rata-rata per domain yaitu 3,25 (tinggi) pada domain content, 3,24 (tinggi) pada domain teknis dan 3,23 (tinggi) pada domain benefit. Kesimpulan : Tingkat kepuasan pasien hipertensi terhadap layanan SMS pengingat Pengawas Minum Obat (PMO) di dua fasilitas kesehatan primer kabupaten Banyumas termasuk dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata kepuasan seluruh responden adalah 3, 24.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: G18293
Uncontrolled Keywords: Hipertensi, Pengawas Minum Obat, Kepuasan, Fasilitas Kesehatan Primer
Subjects: C > C647 Community health services
H > H380 Hypertension
Divisions: Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Farmasi
Depositing User: Mrs Zahra Madani
Date Deposited: 18 Feb 2021 03:48
Last Modified: 18 Feb 2021 03:48
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/7936

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year