Hubungan Motivasi Kebutuhan dengan Tingkat Adopsi Usahatani Lada Perdu di Lahan Pekarangan di Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang

AMRULLAH, Muhamad Rifqi (2017) Hubungan Motivasi Kebutuhan dengan Tingkat Adopsi Usahatani Lada Perdu di Lahan Pekarangan di Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (131kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (75kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)

Abstract

Lada merupakan komoditas pertanian yang sering disebut dengan The King of Spices atau raja rempah-rempah. Lada perdu sebagai komoditas yang masih baru di Kecamatan Pulosari menarik peneliti untuk meneliti tentang motivasi kebutuhan dan adopsi usahatani petani untuk melakukan usahatani lada perdu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) tingkat motivasi kebutuhan petani untuk melakukan usahatani lada perdu; (2) tingkat adopsi usahatani petani untuk melakukan usahatani lada perdu, (3) hubungan antara tingkat motivasi kebutuhan petani dengan tingkat adopsi usahatani petani untuk melakukan usahatani lada perdu. Metode penelitian yang digunakan adalah kaji tindak (action research). Penelitian dilakukan di Desa Karangsari, Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang pada bulan Juli hingga September 2016. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive yaitu sejumlah 10 petani. Metode analisis yang digunakan yaitu uji validitas dan realibilitas, analisis statistik deskriptif, analisis likert’s summated ratings dan analisis korelasi Rank Spearmans. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Tingkat motivasi kebutuhan petani untuk melakukan usahatani lada perdu secara keseluruhan dalam katagori sedang, secara rinci digambarkan oleh komponen pembentuk motivasi kebutuhan yaitu kebutuhan fisiologis dengan skor 3,92 (sedang), kebutuhan rasa aman dengan skor 3,82 (sedang), kebutuhan memiliki dan dimiliki dengan skor 3,76 (sedang), kebutuhan penghargaan dengan skor 3,36 (sedang) serta kebutuhan aktualisasi diri dengan skor 3,4 (sedang); (2) tingkat adopsi petani untuk melakukan usahatani lada perdu secara keseluruhan dalam kategori sedang, secara rinci digambarkan oleh komponen pembentuk tingkat adopsi usahatani lada perdu yaitu kesadaran dengan skor 3,94 (sedang), tumbuh minat dengan skor 3,82 (sedang), penilaian dengan skor 3,72 (sedang), percobaan dengan skor 3,65 (sedang) dan adopsi dengan skor 3,62 (sedang); (3) terdapat hubungan yang positif antara komponen pembentuk motivasi kebutuhan yaitu (a) kebutuhan fisiologis; (b) kebutuhan keamanan; (c) kebutuhan memiliki dan dimiliki dengan tingkat adopsi usahatani lada perdu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A17198
Uncontrolled Keywords: Lada perdu, motivasi kebutuhan, adopsi usahatani
Subjects: A > A128 Agricultural
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Mr Rohmadi Rohmadi
Date Deposited: 11 Dec 2018 07:08
Last Modified: 16 Jan 2020 07:50
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/810

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year