RACHMAWATI, Quinanita Diva (2018) Dramaturgi Penyanyi Dangdut yang Berstatus sebagai Mahasiswi di Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER_Quinanita Diva Rachmawati_F1C013078_Skripsi_2018_1.pdf Download (135kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS_Quinanita Diva Rachmawati_F1C013078_Skripsi_2018_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (747kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK_Quinanita Diva Rachmawati_F1C013078_Skripsi_2018_1.pdf Download (122kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I_Quinanita Diva Rachmawati_F1C013078_Skripsi_2018_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II_Quinanita Diva Rachmawati_F1C013078_Skripsi_2018_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III_Quinanita Diva Rachmawati_F1C013078_Skripsi_2018_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV_Quinanita Diva Rachmawati_F1C013078_Skripsi_2018_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (693kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V_Quinanita Diva Rachmawati_F1C013078_Skripsi_2018_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_Quinanita Diva Rachmawati_F1C013078_Skripsi_2018_1.pdf Download (355kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_Quinanita Diva Rachmawati_F1C013078_Skripsi_2018_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (755kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang penyanyi dangdut yang berstatus sebagai mahasiswi di Purwokerto. Dalam hal ini teori yang digunakan sebagai landasan adalah teori Dramaturgi. Menurut teori Dramaturgi manusia selalu berusaha mengelola kesan agar sesuai dengan harapan mereka. Mereka menjadi aktor untuk berbagai pengalaman yang berbeda. Dalam kasus ini penyanyi dangdut yang berstatus mahasiswi menjalankan peran dalam dua panggung, kedua panggung tersebut yaitu panggung depan dimana ia berperan sebagai aktor (penyanyi dangdut) dan panggung belakangnya adalah sebagai mahasiswi. Aktor memerankan kedua peran yang berbeda dimana di lingkungan kerja sang aktor memainkan perannya sebagai penyanyi dangdut yang berpenampilan sensual. Namun disisi lain sang aktor merubah perannya sebagai mahasiswi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana panggung depan dan panggung belakang mahasiswi yang berprofesi sebagai penyanyi dangdut di Purwokerto, dengan metode penelitian Kualitatif Deskriptif melalui model pendekatan Fenomenologi. Hasil penelitian ini yaitu panggung depan ketika aktor menjadi seorang penyanyi dangdut. Sang penyanyi berusaha untuk bersikap profesional dan maksimal dihadapan penonton. Sedangkan panggung belakang sang aktor adalah ketika ia di lingkungan kampus dimana ia berubah menjadi seorang mahasiswi dibalik sosoknya sebagai penyanyi dangdut yang berpenampilan sensual. Ada dua hal yang melatar belakangi sang aktor memilih profesinya sebagai penyanyi dangdut, yaitu faktor krisis ekonomi keluarga dan faktor kesukaan. Maka berkaitan dengan hal tersebut pandangan negatif masyarakat terhadap profesi penyanyi dangdut tidak dapat sepenuhnya dibenarkan karena profesi penyanyi dangdut yang mereka jalani guna memenuhi kebutuhan hidupnya, bukan hanya semata-mata menampilkan sensualitas tetapi juga menciptakan sebuah hal positif bagi beberapa kalangan khususnya pecinta musik dangdut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F18110 |
Uncontrolled Keywords: | Dramaturgi, Penyanyi Dangdut, Mahasiswi, Purwokerto |
Subjects: | C > C559 College students S > S187 Self acceptance S > S352 Singers |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mrs Zahra Madani |
Date Deposited: | 18 Feb 2021 08:15 |
Last Modified: | 18 Feb 2021 08:15 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/8172 |
Actions (login required)
View Item |