Resepsi Mahasiswi Muslim Fisip Unsoed terhadap Representasi Identitas Perempuan Muslim dalam Iklan Wardah di Televisi

RAHMAWATI, Tri (2018) Resepsi Mahasiswi Muslim Fisip Unsoed terhadap Representasi Identitas Perempuan Muslim dalam Iklan Wardah di Televisi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER_Tri Rahmawati_F1C013053_Skripsi_2018_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS_Tri Rahmawati_F1C013053_Skripsi_2018_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK_Tri Rahmawati_F1C013053_Skripsi_2018_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I_Tri Rahmawati_F1C013053_Skripsi_2018_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II_Tri Rahmawati_F1C013053_Skripsi_2018_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III_Tri Rahmawati_F1C013053_Skripsi_2018_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV_Tri Rahmawati_F1C013053_Skripsi_2018_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V_Tri Rahmawati_F1C013053_Skripsi_2018_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_Tri Rahmawati_F1C013053_Skripsi_2018_1.pdf

Download (156kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_Tri Rahmawati_F1C013053_Skripsi_2018_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Resepsi Mahasiswi Muslim FISIP Unsoed Terhadap Representasi Identiitas Perempuan Muslim dalam Iklan Wardah di Televisi”. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerimaan atau resepsi mahasiswi muslim terhadap identitas perempuan muslim yang terdapat pada iklan Wardah di televisi. Penerimaan mahasiswi muslim kemudian dikelompokan menjadi tiga kelompok kemungkinan menurut Stuart Hall yakni dominant reading, negotiated reading, dan oppositional reading. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis resepsi, yang menyatakan bahwa khalayak bersifat aktif dalam memaknai dan teks media. Metode pengumpulan data dilakukan dengan dua cara yaitu, Focus Group Discussion (FGD) dan wawancara mendalam. Informan dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informan memiliki keberagaman pemaknaan mengenai identitas perempuan muslim yang ditampilkan. Keberagaman pemaknaan pesan muncul karena adanya perbedaan latar belakang saat memaknai pesan. Beberapa faktor yang mendasari mahasiswi muslim dalam membaca teks media adalah keluarga, nilai-nilai yang mempengaruhi dan pengalaman masa lalu. Pemaknaan informan dikelompokan ke dalam tiga kategori pemaknaan menurut Hall yakni, dominant reading, negiotiated reading, dan oppositional reading. Terdapat dua orang informan yang termasuk ke dalam kelompok dominant reading di mana informan menyetujui secara umum mengenai budaya islam populer. Kemudian, pada kelompok negotiated reading terdapat empat informan. Secara umum informan menerima budaya islam populer yang ditampilkan pada iklan Wardah namun, informan menyesuaikannya dengan preferensinya berdasarkan pemahaman aturan agama, sistem sosial budaya Indonesia, dan keluarga. Terakhir, pada posisi oppositional reading hanya terdapat satu informan. Informan menolak pesan budaya islam populer karena ketidaksesuainnya pada pemahaman aturan agama yang dipegang erat oleh informan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F18113
Uncontrolled Keywords: Analisis Resepsi, Identitas Perempuan Muslim, Iklan Wardah
Subjects: F > F109 Feminism
T > T95 Television advertising
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Zahra Madani
Date Deposited: 18 Feb 2021 08:39
Last Modified: 18 Feb 2021 08:39
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/8179

Actions (login required)

View Item View Item