ARIEZAPUTRA, Dendy (2021) Deskripsi Strategi Belajar Kognitif dan Metakofnitif sebagai Bagian Self-Regulated Leraning dari Mahasiswa FK Unsoed Angkatan 2017 selama Periode Pembelajaran Daring. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Dendy Ariezaputra-G1A017054-Skripsi-2021.pdf Download (73kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dendy Ariezaputra-G1A017054-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (573kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dendy Ariezaputra-G1A017054-Skripsi-2021.pdf Download (235kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Dendy Ariezaputra-G1A017054-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Dendy Ariezaputra-G1A017054-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Dendy Ariezaputra-G1A017054-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Dendy Ariezaputra-G1A017054-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Dendy Ariezaputra-G1A017054-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dendy Ariezaputra-G1A017054-Skripsi-2021.pdf Download (350kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dendy Ariezaputra-G1A017054-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang : Pandemi COVID-19 menyebabkan pembelajaran dilakukan secara dalam jaringan (daring). Kondisi ini menyebabkan kemampuan pembelajar menerapkan strategi belajar self-regulated learning (SRL) menjadi hal yang penting. Data deskripsi strategi belajar mahasiswa dapat memberikan gambaran mengenai proses adaptasi mereka dalam pembelajaran daring. Institusi dapat memanfaatkan data tersebut sebagai bahan monitoring dan evaluasi sistem pembelajaran daring yang telah dilaksanakan. Tujuan : Untuk mengetahui deskripsi strategi belajar kognitif dan metakognitif sebagai bagian SRL dari mahasiswa FK Unsoed Angkatan 2017 selama masa pembelajaran daring. Metode : Penelitian deskriptif dengan total sampling dari data hasil kuesioner Gugus Pengendali Mutu (GPM) FK Unsoed. Hasil analisis unvariat untuk menunjukan distribusi frekuensi berdasarkan sub komponen strategi belajar dan frekuensi penggunaannya. Hasil : Strategi belajar terbanyak dipilih berdasarkan subkomponen strategi belajar kogntif dan metakognitif adalah rehearsal : “Membaca catatan atau materi tertulis dalam hati secara berulang-ulang.” dan “Menggunakan kartu (flash card) atau sejenisnya untuk menulis informasi yang harus dihafalkan” ; elaboration: “Menggunakan sumber yang bervariasi dalam menyusun laporan penelitian saya.” dan “Menggunakan sumber belajar dari perpustakaan untuk menemukan informasi yang dibutuhkan.”; organization : “Mengubah/merepresentasikan data kuantitatif ke dalam grafik/diagram.”; critical thinking : “Mempertanyakan hal-hal yang saya dengar atau baca guna meyakinkan saya.”; metacognition self-regulation :” Saya terbuka pada umpan balik untuk meningkatkan hasil pekerjaan saya”. Frekuensi strategi belajar terbanyak pada tiap sub komponen adalah: rehearsal: “sering, tidak selalu”; elaboration: “jarang atau sesekali”; organization: “jarang atau sesekali”; critical thinking: “jarang atau sesekali”; metacognitive self-regulatuion: “sering, tidak selalu” Kesimpulan : Sebagian besar mahasiswa sering menggunakan strategi belajar metacognitive self-regulation.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | G21068 |
Uncontrolled Keywords: | daring, kognitif, metakognitif, strategi belajar, SRL |
Subjects: | C > C563 Colleges and universities I > I252 Internet I > I64 Independent study T > T61 Technical education |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter |
Depositing User: | Mr Dendy Ariezaputra |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 04:37 |
Last Modified: | 22 Feb 2021 04:37 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/8338 |
Actions (login required)
View Item |