LARASATI, Fadhilla (2021) Makna ‘Halal’ dalam Iklan Hijab Halal Zoya. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-FADHILLA LARASATI-F1A016061-SKRIPSI- FISIP-2021.pdf Download (238kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-FADHILLA LARASATI-F1A016061-SKRIPSI- FISIP-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (505kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-FADHILLA LARASATI-F1A016061-SKRIPSI- FISIP-2021.pdf Download (202kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-FADHILLA LARASATI-F1A016061-SKRIPSI- FISIP-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-FADHILLA LARASATI-F1A016061-SKRIPSI- FISIP-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-FADHILLA LARASATI-F1A016061-SKRIPSI- FISIP-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-FADHILLA LARASATI-F1A016061-SKRIPSI- FISIP-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (628kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-FADHILLA LARASATI-F1A016061-SKRIPSI- FISIP-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (628kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-FADHILLA LARASATI-F1A016061-SKRIPSI- FISIP-2021.pdf Download (191kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-FADHILLA LARASATI-F1A016061-SKRIPSI- FISIP-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai makna halal dalam iklan hijab halal Zoya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui makna ‘halal’ sebagaimana yang dimaksudkan dalam iklan hijab halal Zoya. Untuk mengkaji mengenai makna halal dalam iklan hijab halal Zoya menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce dengan menganalisis tiga elemen tanda yaitu ikon, indeks, dan simbol. Hijab halal merupakan bahasa media sebagaimana yang ditunjukan dalam iklan bahwa model berkata “proses pembuatannya halal”. Halal yang di maksudkan oleh Zoya berbeda dengan konsep halal dalam agama Islam. Hijab halal hanya bahasa media. Pada agama Islam pakaian lebih berorientasi sebagai identitas & penutup aurat dengan konsep yang disebut syar’i bukan berorientasi dengan bahan pembuatan / proses pembuatan. Label halal pada iklan ini cenderung menjadi suatu komodifikasi sebab label halal yang semula menjadi pembeda antara yang diperbolehkan ataupun tidak, sudah memiliki pergeseran fungsi. Pemanfaatan budaya masyarakat dan agama sebagai kebutuhan iklan menjadi bukti komodifikasi bermain pada media dan kapitalisasi. Iklan mengalihkan nilai budaya dan agama menjadi nilai tukar untuk kepentingan media dan perusahaan. Halal yang dimaksudkan dalam iklan hijab halal Zoya memberi label untuk mem-branding suatu produk. Iklan menampilkan bahwa hijab yang sepantasnya dipilih ialah yang memiliki nilai cantik (estetika), nyaman, halal. Hal ini cukup berbeda dengan perintah dalam agama dalam kriteria hijab.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F21087 |
Uncontrolled Keywords: | Hijab, Halal, iklan dan semiotika |
Subjects: | A > A74 Advertising S > S210 Semiotics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Mrs Fadhilla Larasati |
Date Deposited: | 24 Feb 2021 08:14 |
Last Modified: | 24 Feb 2021 08:14 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/8606 |
Actions (login required)
View Item |