ANBIYAA, Fatwa (2021) Pengaruh Literasi Digital, Tingkat Kreativitas dan Minat Belajar di Era Digital terhadap Hasil Belajar pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016-2018 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsoed. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Fatwa Anbiyaa-C1L015029-Skripsi-2021.pdf Download (65kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Fatwa Anbiyaa-C1L015029-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Fatwa Anbiyaa-C1L015029-Skripsi-2021.pdf Download (100kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Fatwa Anbiyaa-C1L015029-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Fatwa Anbiyaa-C1L015029-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Fatwa Anbiyaa-C1L015029-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Fatwa Anbiyaa-C1L015029-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Fatwa Anbiyaa-C1L015029-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Fatwa Anbiyaa-C1L015029-Skripsi-2021.pdf Download (50kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Fatwa Anbiyaa-C1L015029-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (874kB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantitatif dengan metode yang digunakan alahan metode survei karena tidak memberikan perlakuan terhadap subjek yang diteliti dengan menggunakan angket dan kuisioner yang disebarkan dengan Google Form. Penelitian ini mengambil judul : “Pengaruh Literasi Digital, Tingkat Berfikir Kreatif, dan Minat Belajar di Era Digital terhadap Hasil Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNSOED”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Literasi Digital, Berfikir Kreatif dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah semua Mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2016 – 2018 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNSOED. Jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini adalah 105 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah Proportional Stratified Random Sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis menunjukkan bahwa : (1) Literasi Digital berpengaruh positif terhadap Hasil Belajar, (2) Berfikir Kreatif berpengaruh positif terhadap Hasil Belajar, (3) Minat Belajar berpengaruh positif terhadap Hasil Belajar. Penelitian ini menghasilkan sebuah kesimpulan yang menjelaskan bahwa Hasil belajar akan meningkat apabila mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan penggunaan Literasi Digital seperti kemampuan mengidentifikasi kebutuhan informasi, mencari, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan informasi yang diperoleh melalui Literasi Digital. Progresi Hasil Belajar tentunya dipengaruhi oleh meningkatnya kapabilitas mahasiswa dalam Berfikir Kreatif, dimana proses ini mencakup kelancaran berfikir, keluwesan, dan orisinalitas. Hasil final penelitian mengungkapkan bahwa Hasil Belajar akan mengalami peningkatan jika Minat Belajar mahasiswa juga mengalami hal yang sama, ditandai dengan adanya perasaan senang, tertarik, penuh perhatian, dan mampu bersikap positif dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C21064 |
Uncontrolled Keywords: | Literasi Digital, Berfikir Kreatif, Minat Belajar |
Subjects: | A > A19 Academic achievement C > C559 College students I > I258 Internet in education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Fatwa Anbiyaa |
Date Deposited: | 24 Feb 2021 07:54 |
Last Modified: | 24 Feb 2021 07:54 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/8660 |
Actions (login required)
View Item |