SEPTIYANTO, Dedi Tri (2017) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Membeli Buah Pepaya California di Kota Purwokerto Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
Cover_1.pdf Download (104kB) | Preview |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
||
|
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf Download (133kB) | Preview |
|
PDF (BabI)
BAb I_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
PDF (BabII)
BAb II_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
||
PDF (BabIII)
BAb III_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
||
PDF (BabIV)
BAb IV_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) |
||
PDF (BabV)
BAb V_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
|
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf Download (100kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (617kB) |
Abstract
Pepaya merupakan salah satu buah-buahan yang memiliki banyak kandungan gizi, terutama sumber vitamin dan nutrisi yang penting dalam tubuh. Pepaya California merupakan salah satu buah yang banyak diminati masyarakat di Kota Purwokerto. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui karakteristik konsumen pembeli buah pepaya California (2) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli buah pepaya California dan (3) menganalisis variabel yang dominan berpengaruh dalam pembelian buah pepaya California menurut konsumen. Lokasi pengambilan data dilaksanakan di Pasar Cerme, Pasar Kober, Pasar Manis, Pasar Pon, Pasar Wage, MORO, dan Rita Supermarket serta kios buah yang berada di sekitar Pasar Wage, sekitar pasar Cerme, jalan H.R. Bunyamin, jalan Overste Isdiman, jalan Masjid, jalan Jenderal Soedirman dan jalan Komisaris Bambang Suprapto di Kota Purwokerto pada bulan Juli 2016 sampai Agustus 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survai, sedangkan metode penentuan sampel menggunakan metode non probability sampling yakni menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel penelitian yang digunakan sebagai responden sebanyak 100 orang. Analisis yang digunakan pada penelitian ini, meliputi (1) uji validitas dan reliabilitas (2) analisis deskriptif dan (3) analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) karakteristik responden dengan persentase terbesar pada usia pada usia 31 sampai 40 tahun, jenis kelamin wanita, status sudah menikah dengan rata-rata jumlah anggota keluarga sebanyak 4 orang, rata-rata pendidikan responden SMA, pekerjaan sebagai ibu rumah tangga, pendapatan konsumen sebesar Rp3.000.000,00 sampai Rp5.000.000,00 perbulan dan dengan intensitas pembelian buah pepaya California sebanyak 3 kali dalam sebulan; (2) faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli pepaya California yaitu faktor pertama yang terdiri dari keamanan tempat, kenyamanan tempat dan kestrategisan tempat; faktor kedua yang terdiri dari promosi dan iklan; faktor ketiga yang terdiri dari warna kulit buah dan ukuran buah; faktor keempat yang terdiri dari kebersihan buah, harga buah, kestabilan harga buah dan bentuk buah; faktor kelima yang terdiri dari rasa buah dan warna daging buah dan (3) variabel dominan yang mempengaruhi konsumen dalam membeli pepaya California di Kota Purwokerto berdasarkan faktor loadingnya berturut-turut yaitu variabel kestabilan harga buah (0,757), rasa buah (0,729), keamanan lokasi penjualan (0,728), promosi (0,727) dan harga buah (0,721).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | A17215 |
Subjects: | A > A128 Agricultural |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
Depositing User: | Mr Rohmadi Rohmadi |
Date Deposited: | 19 Dec 2018 02:49 |
Last Modified: | 21 Jan 2020 01:54 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/883 |
Actions (login required)
View Item |