Perlindungan Hak Asasi Manusia terhadap Para Penderita Gangguan Kesehatan Jiwa (Studi di Rumah Sakit Umum Daerah Banyumas)

SULISTIYOWATI, Lilis (2017) Perlindungan Hak Asasi Manusia terhadap Para Penderita Gangguan Kesehatan Jiwa (Studi di Rumah Sakit Umum Daerah Banyumas). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (414kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (408kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] PDF (Dafarpustaka)
Daftar pustaka_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)

Abstract

Hak asasi manusia tidak hanya dimiliki oleh orang dalam keadaan sehat baik fisik maupun psikis, tetapi juga dimiliki oleh orang dalam keadaan tidak sehat baik secara fisik maupun psikis yang di dalam kehidupannya memiliki hak yang harus dilindungi oleh keluarga, masyarakat, pemerintah maupun setiap orang. Hak Asasi Manusia di Indonesia telah diatur dalam konstitusi baik dalam Undang- Undang Dasar 1945 dan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia. Walaupun telah ada peraturan yang mengatur tentang Pelanggaran Hak Asasi Manusia, akan tetapi pada kenyataannya banyak terjadi pelanggaran namun pada kenyataannya masih banyak penderita gangguan kejiwaan yang mengalami penyiksaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pelanggaran Hak Asasi Manusia terhadap para penderita gangguan kesehatan jiwa di Rumah Sakit Umum Daerah Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research), data diperoleh dari berbagai sumber yang berhubungan dengan hal-hal yang diteliti, berupa buku dan literatur-literatur yang berkaitan dengan penelitian ini. Disamping itu data yang diambil penulis berasal dari data yang diberikan rumah sakit umum daerah banyumas maupun dari peraturan perundang-undangan Hak Asasi Manusia dan peraturan perundang-undangan kesehatan jiwa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hak untuk hidup, hak untuk bebas dari penyiksaan, dan hak untuk memperoleh layanan kesehatan sudah terpenuhi sebagaimana yang diatur oleh undang-undang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: E17022
Uncontrolled Keywords: Perlindungan, Hak asasi manusia penderita gangguan kesehatan jiwa
Subjects: H > H330 Human rights
M > M239 Mental health
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Mrs Anisa Sri Restanti
Date Deposited: 04 Oct 2018 07:11
Last Modified: 18 Dec 2019 06:52
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/9

Actions (login required)

View Item View Item