KARTIKA, Dhea (2021) Pengaruh Sosialisasi Pajak, Motivasi Wajib Pajak dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Dhea Kartika-C1C017026-Skripsi-2021.pdf Download (78kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dhea Kartika-C1C017026-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dhea Kartika-C1C017026-Skripsi-2021.pdf Download (44kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Dhea Kartika-C1C017026-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Dhea Kartika-C1C017026-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Dhea Kartika-C1C017026-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Dhea Kartika-C1C017026-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Dhea Kartika-C1C017026-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dhea Kartika-C1C017026-Skripsi-2021.pdf Download (172kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dhea Kartika-C1C017026-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pajak adalah kewajiban setiap warga negara yang sifatnya memaksa namun tetap berdasarkan Undang-Undang, dan tidak mendapatkan imbalan secara langsung, namun digunakan untuk kebutuhan serta kemakmuran rakyatnya (Rusmana,. At al. 2016). Pemerintah wajib melindungi rakyatnya dan membantu UMKM. Pemerintah telah membantu UMKM namun bukan diberikan oleh pemungut pajak. Ini menimbulkan kesan bahwa Pemerintah tidak membantu UMKM. Skripsi ini bertujuan memberikan sumbangan pemikiran tentang peningkatan kepatuhan pajak dengan prinsip keadilan pajak. Penelitian ini menggunakan Teori Atribusi, untuk menjelaskan perilaku kepatuhan pajak, dan untuk mengungkapkan tingkat kepatuhan wajib pajak menggunakan Theory Regulation yang dikemukakan oleh John Braitwithe (1970). Metode penelitian yang digunakan bersifat penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi UMKM yang terdaftar di KPP Pratama Tasikmalaya. Pemilihan sampel menggunakan metode accidental sampling. Sumber data yang digunakan adalah data primer dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis jalur, sedangkan pengolahan data dibantu dengan menggunakan software SPSS for Windows versi 22.0 dan disajikan dalam bentuk output SPSS. Berdasarkan hasil penelitian, penulis membuat kesimpulan bahwa (1) sosialisasi pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM (2) motivasi wajib pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM dan (3) kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM (4) Sosialisasi pajak, motivasi wajib pajak, dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM sebesar 59,3%, dan sisanya yaitu 40,7% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C21134 |
Uncontrolled Keywords: | sosialisasi pajak, motivasi wajib pajak, kualitas pelayanan, kepatuhan wajib pajak, UMKM. |
Subjects: | I > I216 Intergovernmental tax relations Internal revenue T > T35 Tax planning |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Dhea Kartika |
Date Deposited: | 27 Apr 2021 01:10 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 01:10 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/9422 |
Actions (login required)
View Item |