ASHRI, Salsabila Maulida (2021) Analisis Komentar Body Shaming Oleh Pengguna Instagram Terhadap Selebgram di Media Sosial Instagram. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Salsabila Maulida Ashri-F1A017062-Skripsi-2021.pdf Download (438kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Salsabila Maulida Ashri-F1A017062-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (767kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Salsabila Maulida Ashri-F1A017062-Skripsi-2021.pdf Download (421kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Salsabila Maulida Ashri-F1A017062-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Salsabila Maulida Ashri-F1A017062-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Salsabila Maulida Ashri-F1A017062-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Salsabila Maulida Ashri-F1A017062-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Salsabila Maulida Ashri-F1A017062-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Salsabila Maulida Ashri-F1A017062-Skripsi-2021.pdf Download (348kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Salsabila Maulida Ashri-F1A017062-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
Abstract
Instagram menjadi media sosial berbasis visual yang digunakan sebagai galeri digital, sehingga tampilan fisik seseorang menjadi perhatian utama yang dapat mempengaruhi cara pandang seseorang terhadap standarisasi kecantikan. Standar kecantikan tersebut kemudian dijadikan masyarakat sebagai tolak ukur untuk menilai fisik seseorang, dan jika seseorang tidak sesuai dengan standar tersebut akan rentan mengalami body shaming. Penelitian ini bertujuan unuk melihat bagaimana komentar body shaming muncul di kolom komentar akun milik selebgram. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif jenis analisis isi, dengan menggunakan teknik Quota Sampling dengan sampel sebanyak 30 akun selebgram. Metode analisis data yang digunakan adalah distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa komentar pada bagian jenis body shaming bentuk tubuh didominasi oleh komentar mengenai bentuk tubuh gemuk yang diterima oleh 14 selebgram. Pada jenis body shaming kondisi kondisi wajah, sebagian besar netizen mengomentari bentuk pipi selebgram yang chubby dan hidung yang tidak mancung dengan jumlah masing-masing 3 selebgram. Pada jenis body shaming kondisi kulit, komentar mengenai warna kulit yang hitam paling sering muncul sebanyak 4 selebgram. Selanjutnya, pada bagian jenis body shaming kondisi rambut, komentar mengenai kondisi rambut botak dan rambut yang rusak paling sering dituliskan oleh netizen di kolom komentar masing-masing sebanyak 2 selebgram.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F21150 |
Uncontrolled Keywords: | Instagram, Selebgram, Media |
Subjects: | C > C634 Communication Mass media Telecommunication H > H305 Human behavior |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Mrs Salsabila Maulida Ahri |
Date Deposited: | 17 May 2021 07:54 |
Last Modified: | 17 May 2021 07:54 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/9662 |
Actions (login required)
View Item |