Kualitas Pelayanan E-KTP di Kabupaten Ciamis (Studi Kasus di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis)

WARDANI, Amalia Kusuma (2021) Kualitas Pelayanan E-KTP di Kabupaten Ciamis (Studi Kasus di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis). Skripsi thesis, UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN.

[img] PDF (Cover)
COVER-Amalia Kusuma W-F1B016025-Skripsi-2021.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Amalia Kusuma W-F1B016025-Skripsi-2021.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Amalia Kusuma W-F1B016025-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Amalia Kusuma W-F1B016025-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Amalia Kusuma W-F1B016025-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Amalia Kusuma W-F1B016025-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (887kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Amalia Kusuma W-F1B016025-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Amalia Kusuma W-F1B016025-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Amalia Kusuma W-F1B016025-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas-Amalia Kusuma W-F1B016025-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan kurangnya sumber daya manusia yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis selain itu sarana prasarana yang kurang mendukung sehingga membuat masyarakat kurang nyaman untuk menunggu dalam pembuatan E-KTP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan terhadap masyarakat yang membuat E-KTP di Kabupaten Ciamis. Penelitian ini menggunakan teori pelayanan publik dari Ndraha yang dikutip dari Karepsina yang terdapat Empat dimensi untuk sebagai parameter atau tolak ukur kualitas pelayanan publik di Dinas, diantaranya adalah Dimensi Kecepatan, dimensi ketepatan, dimensi kemudahan, dan dimensi keadilan. Metode Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis interaktif. sedangkan untuk pemilihan informan, penelitian ini menggunakan cara purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis dengan menggunakan Teknik pengumpulan data dengan tiga cara yaitu, dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara dengan Pelayanan Informasi Pembuatan E-KTP , Kepala Dinas Catatan sipil, Bidang Kepegawaian Penduduk dan Masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan model analisis interaktif dengan menggunakan metode kualitatif, karena dalam penelitian ini perjalanan pengumpulan data dan analisisnya berjalan bersamaan, membuat perjalanan penelitian mengalir menentukan arah dan semakin mantap sampai pengumpulan data dirasakan bisa menghasilkan data selengkap-lengkapnya yang berlangsung seperti halnya siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurangnya Sumber Daya Manusia, dan sarana prasarana yang kurang memadai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis. Kurangnya sumber daya manusia dapat menyebabkan pelayanan terhadap masyarakat kurang Efektif dan kurangnya kualitas sarana prasarana juga akan menimbulkan permasalahan dalam pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F21155
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Pelayanan, E-KTP, Kabupaten Ciamis
Subjects: C > C1020 Customer services
P > P144 Performance standards
P > P624 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mrs AMALIA KUSUMA WARDANI
Date Deposited: 18 May 2021 01:07
Last Modified: 18 May 2021 01:07
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/9664

Actions (login required)

View Item View Item