NURULITA, Shofi (2021) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Karakter Diri Siswa SMA IT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Shofi Nurulita-F1A017090-Skripsi-2021.pdf Download (346kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Shofi Nurulita-F1A017080-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Shofi Nurulita-F1A017090-Skripsi-2021.pdf Download (367kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Shofi Nurulita-F1A017090-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (497kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Shofi Nurulita-F1A017090-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Shofi Nurulita-F1A017090-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Shofi Nurulita-F1A017090-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (721kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Shofi Nurulita-F1A017090-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Shofi Nurulita-F1A017090-Skripsi-2021.pdf Download (413kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Shofi Nurulita-F1A017090-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) |
Abstract
Penelitian ini menjelaskan pengaruh pola asuh orang tua dan kelompok teman sebaya terhadap karakter diri siswa. Responden penelitian ini adalah siswa SMA IT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Purwokerto. Metode penelitian ini adalah survei dengan menyebarkan angket kepada siswa. Pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling dengan penentuan jumlah sampel dihitung menggunakan rumus slovin, diperoleh hasil sebanyak 84 sampel yang terdiri dari 31 siswa kelas 10, 28 siswa kelas 11 dan 25 siswa kelas 12. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah uji korelasi Product Moment (KPM) dan Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pola asuh orang tua terhadap karakter diri siswa sebesar 0.218. Sementara itu pengaruh kelompok teman sebaya terhadap karakter diri siswa sebesar 0.479. Dari hasil tersebut diketahui arah pengaruh antara variabel X1 dan Y serta X2 dan Y bersifat positif, yang bermakna bahwa terdapat pengaruh yang searah, semakin tinggi variabel pola asuh orang tua (X1) maka akan semakin tinggi variabel karakter diri siswa (Y) begitupun sebaliknya. Arah pengaruh antara kelompok teman sebaya (X2) dan karakter diri siswa (Y) juga memiliki makna yang sama, semakin tinggi variabel kelompok teman sebaya (X2) maka akan semakin tinggi pula variabel karakter diri siswa (Y) begitupun sebaliknya. Hasil uji signifikansi antara variabel X1 dan Y sebesar 0.046 sedangkan uji signifikansi antara X2 dan Y sebesar 0.000. Angka tersebut menunjukkan bahwa p value < 0.05 sehingga pengaruh pola asuh orang tua dengan karakter diri siswa dan pengaruh kelompok teman sebaya dengan karakter diri siswa dinyatakan signifikan. Hasil uji signifikan antara pola asuh orang tua (X1) dan kelompok teman sebaya (X2) secara bersama-sama terhadap karakter diri siswa (Y) sebesar 0.000 (<0.05) sehingga pengaruh pola asuh orang tua (X1) dan kelompok teman sebaya (X2) secara bersama-sama terhadap karakter diri siswa (Y) dinyatakan signifikan. Nilai R sebesar 0.488 bermakna bahwa nilai koefisien regresi antara pola asuh orang tua dan kelompok teman sebaya dengan karakter diri siswa adalah sedang. Nilai R Square sebesar 0.238 bermakna bahwa pola asuh orang tua dan kelompok teman sebaya hanya memberikan kontribusi dalam mempengaruhi karakter diri siswa sebesar 23.8% sehingga 76.2% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Faktor lain yang dapat mempengaruhi karakter diri siswa antara lain lingkungan sekolah, kurikulum sekolah, ataupun lingkungan masyarakat. This research explains the effect of parenting styles from parents and peer groups towards student's self-character. Respondents in this research are the students of SMA IT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Purwokerto. The method used in this research is a survey method by distributing questionnaires to students. Sampling was taken using proportionate stratified random sampling with the determination of the number of samples calculated using the Slovin formula, in order to obtain the results of 84 samples consisting of 31 students in grade 10, 28 students in grade 11 and 25 students in grade 12. This research used the Product Moment Correlation Test and Multiple Linear Regression as the data analysis method. The results showed that the effect of parenting style on student’s character was 0.218. Meanwhile, the influence of peer groups on student’s self-character was 0.479. From these results it is known that the direction of influence between variables X1 and Y and X2 and Y is positive, which means that there is a unidirectional influence, the higher the parenting style variable (X1), the higher the student's character variable (Y) and vice versa. The direction of influence between the peer group (X2) and the student's character (Y) also has the same meaning, the higher the peer group variable (X2), the higher the student's character variable (Y) and vice versa. The result of the significance test between the variables X1 and Y is 0.046, while the significance test between X2 and Y is 0.000. This figure shows that the p value <0.05 so that the influence of parenting style with student’s self-character and the influence of peer groups with student’s self-character is significant. The significant test results between the parenting style of parents (X1) and peer group (X2) together on student’s self-character (Y) is 0.000 (<0.05) so that the influence of parenting styles (X1) and peer groups (X2) together on the student's character (Y) is significant. The R value of 0.488 means that the regression coefficient value between the parenting styles of parents and peer groups with student’s self-character is moderate. The R Square value of 0.238 means that the parenting style of parents and peer groups only contributes to influencing the character of students by 23.8% so that 76.2% is influenced by other variables outside of this study. Other factors that can effect the character of students are the school environment, school curriculum, or even community environment.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F21159 |
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh Orang Tua, Kelompok Teman Sebaya, Karakter Diri Siswa |
Subjects: | P > P59 Parenting P > P60 Parents |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Mrs Shofi Nurulita |
Date Deposited: | 17 May 2021 08:58 |
Last Modified: | 17 May 2021 08:58 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/9668 |
Actions (login required)
View Item |