Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel “Teluk Alaska” Karya Eka Aryani dan Relevansinya terhadap Materi Menganalisis Isi dan Kebahasaan Novel

FUJIATIN, Juliet (2021) Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel “Teluk Alaska” Karya Eka Aryani dan Relevansinya terhadap Materi Menganalisis Isi dan Kebahasaan Novel. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER.pdf

Download (135kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas Asli.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img] PDF (Abstrak)
RINGKASAN.pdf

Download (126kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I Skripsi Juliet Fujiatin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II Skripsi Juliet Fujiatin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III Skripsi Juliet Fujiatin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV Skripsi Juliet Fujiatin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V Skripsi Juliet Fujiatin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar pustaka.pdf

Download (302kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)

Abstract

Fujiatin, Juliet. 2021. “Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel “Teluk Alaska” Karya Eka Aryani dan Relevansinya Terhadap Materi Menganalisis Isi dan Kebahasaan Novel”. Skripsi. Purwokerto:Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman. Nilai pendidikan karakter dalam novel menggambarkan karakteristik setiap tokoh dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat. Nilai karakter dalam novel dapat dipahami menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Salah satu teori nilai karakter dikemukakan oleh Sofan Amri yang membagi nilai karakter menjadi lima tipe. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam novel Teluk Alaska karya Eka Aryani menggunakan teori Sofan Amri, dengan mendeskripsikan nilai perilaku manusia dengan Tuhan, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan dan kebangsaan, serta mendeskripsikan relevansi antara nilai pendidikan karakter dengan materi menganalisis isi dan kebahasaan novel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan pengkajian dan mendeskripsikan permasalahan yang diteliti. Sember data pada penelitian ini adalah novel Teluk Alaska karya Eka Aryani yang terbit pada tahun 2019. Data yang diperoleh dengan menggunakan metode baca dan catat. Metode analisis menggunakan metode semiotik yang meliputi heuristik dan hemeneutik. Metode penyajian data menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Teluk Alaska mencakup nilai religius (bersyukur), berdoa, displin, kerja keras, tanggung jawab, gemar membaca, jujur, rasa ingin tahu, peduli sosial, cinta damai, dan peduli lingkungan. Kemudian novel Teluk Alaska dapat digunakan sebagai materi pembelajaran sastra dengan menggunakan KD 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel untuk kelas XI di SMA adalah saat peserta didik menganalisis unsur intrinsik, terutama penokohan dan amanat peserta didik akan mengetahui nilai karakter. Kesimpulan dari penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter dalam novel adalah religius (bersyukur), berdoa, displin, kerja keras, tanggung jawab, gemar membaca, jujur, rasa ingin tahu, peduli sosial, cinta damai, dan peduli lingkungan. Penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh peserta didik dan guru pada jenjang SMA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J21164
Uncontrolled Keywords: nilai, karakter, relevansi, novel, teluk alaska
Subjects: L > L270 Literature History and criticism
M > M513 Moral education
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Juliet Fujiatin
Date Deposited: 20 Aug 2021 04:32
Last Modified: 20 Aug 2021 04:32
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/10733

Actions (login required)

View Item View Item