SHOLIHAH, Dias Farhana (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Majalengka. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Dias Farhana-F1B016015-Skripsi-2021.pdf Download (361kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dias Farhana-F1B016015-Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAKSI-Dias Farhana-F1B016015-Skripsi-2021.pdf Download (564kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Dias Farhana-F1B016015-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Dias Farhana-F1B016015-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Dias Farhana-F1B016015-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Dias Farhana-F1B016015-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Dias Farhana-F1B016015-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dias Farhana-F1B016015-Skripsi-2021.pdf Download (675kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dias Farhana-F1B016015-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kualitas Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Majalengka Kabupaten Majalengka”. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya masalah mengenai ketidakpuasan dan ketidaksesuaian antara harapan dengan kenyataan yang diterima oleh pasien di IGD RSUD Majalengka, hal ini dibuktikan dengan masih rendahnya kehandalan, daya tanggap, jaminan dan rasa empati dalam memberikan pelayanan kepada para pasien di IGD Rumah Sakit Umum Daerah Majalengka. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan dan kepuasan pasien pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Majalengka Kabupaten Majalengka. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu bersumber dari pendapat Pasuraman dan kawan kawan (dalam Ariani, 2009:180) yang menyebutkan ada lima dimensi pokok yang mempengaruhi kualitas pelayanan, diantaranya adalah bukti fisik, reliabilitas, daya tanggap, jaminan, dan empati. Selain itu digunakan teori yang bersumber dari pendapat Hawkins dan Lonney (dalam Aspiani, 2018:4) mengenai indikator-indikator dari kepuasan pelanggan yaitu kesuaian harapan, minat berkunjung kembali, kesediaan merekomendasikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan survey yang mengambil jumlah keseluruhan responden sebanyak 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan Kualitas Pelayanan Instalasi Gawat Darurat mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien pada Rumah Sakit Umum Daerah Majalengka dilihat dari Pseudo R Square pada bagian nilai Nagelkerke sebesar 0,636 atau 63,6 persen dengan nilai Sig 0,001<0,05. Dengan demikian H1 diterima, ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan (X) Instalasi Gawat Darurat terhadap kepuasan pasien (Y) pada Rumah Sakit Umum Daerah Majalengka.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F21286 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Kualitas Pelayanan (Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, dan Empati), dan Kepuasan Pasien. |
Subjects: | C > C647 Community health services P > P103 Patients |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Mrs Dias Farhana Sholihah |
Date Deposited: | 23 Aug 2021 09:53 |
Last Modified: | 23 Aug 2021 09:53 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/10849 |
Actions (login required)
View Item |