Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Efektivitas Implementasi Kebijakan Presensi Aparatur Sipil Negara Berbasis Android di Sekretariat Daerah Kabupaten Cilacap

DEWANTO, Andri Wahyu (2021) Efektivitas Implementasi Kebijakan Presensi Aparatur Sipil Negara Berbasis Android di Sekretariat Daerah Kabupaten Cilacap. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1. COVER-ANDRI WAHYU DEWANTO-F2A017016-TESIS.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
9. LEGALITAS-ANDRI WAHYU DEWANTO-F2A017016-TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
2. ABSTRAK-ANDRI WAHYU DEWANTO-F2A017016-TESIS.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Babl)
3. BAB-I-ANDRI WAHYU DEWANTO-F2A017016-TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
4. BAB-II-ANDRI WAHYU DEWANTO-F2A017016-TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
5. BAB-III-ANDRI WAHYU DEWANTO-F2A017016-TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
6. BAB-IV-ANDRI WAHYU DEWANTO-F2A017016-TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
7. BAB-V-ANDRI WAHYU DEWANTO-F2A017016-TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
8. DAFTAR PUSTAKA-ANDRI WAHYU DEWANTO-F2A017016-TESIS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kedisiplinan ASN menggambarkan komitmen dan pelaksanaan tanggungjawab sebagai abdi masyarakat, Salah satu upaya untuk meningkatkan kedisiplinan dan pemenuhan Hak adalah penyempurnaan sistem presensi. Sistem presensi terintegrasi dengan penilaian kinerja, perilaku dan pemberian tunjangan kinerja ASN.Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan melakukan analisis secara mendalam mengenai efektivitas implementasi kebijakan presensi Online berbasis android. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif.Penelitian dilaksanakan di pada Sekretariat Daerah Kabupaten Cilacap. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode analisis model interaktif dan pengujian keabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menggambarkan secara umum penerapan sistem presensi android dapat memperbaiki berbagai permasalahan yang dihadapi pada penerapan presensi sistem fingerprint terintegrasi yaitu kemudahan melakukan presensi tanpa harus ke kantor, sistem pencatatan kehadiran yang lebih akurat dan dilakukan secara otomatis serta mampu menciptakan kedisiplinan ASN dan lebih memenuhi Hak ASN terkait dengan perhitungan tunjangan kinerja dan memberikan berbagai manfaat bagi ASN banyak kendala yang terjadi seperti gangguan sinyal, gagal login, dan aplikasi error.Masih ditemukan ASN yang memanipulasi data atau melakukan kecurangan selama. beberapa kendala yang ditemukan banyak kendala yang terjadi seperti gangguan sinyal, gagal login, dan aplikasi error. Terbatasnya persiapan implementasi presensi android seiring dengan diberlakukannya kebijakan work from home bagi ASN, Manipulasi data kehadiran selama melaksanakan WFH, seolah-olah ASN sedang melaksanakan aktivitas di tempat kerja, padahal sesungguhnya sedang melakukan aktivitas lain atau sudah melakukan presensi padahal belum melakukan aktivitas kerja. Berdasarkan gambaran tersebut sehingga dapat disimpulkan pelaksanaan sistem presensi elektronik Android belum sepenuhnya efektif. Aspek yang menunjukkan implementasi presensi elektronik android dilaksanakan secara efektif meliputi, sistem pengolahan data pencatatan kehadiran lebih akurat dan dilakukan secara otomatis sehingga tingkat kehadiran ASN meningkat, kemudahan dan pemenuhan hak bagi ASN dengan meminimalkan kehadiran yang tidak tercatat yang menjadi dasar penghitungan pemberian tunjangan kinerja ASN. Sedangkan sspek yang menunjukan implementasi presensi android belum efektif adalah persiapan implementasi yang belum optimal, dan sistem pengawasan yang masih lemah.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P21174
Uncontrolled Keywords: e-Presensi, Implementasi, Konteks Kebijakan
Subjects: G > G193 Government policy
S > S659 State governments
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Administrasi Publik
Depositing User: Mr Andri Wahyu Dewanto
Date Deposited: 27 Aug 2021 02:10
Last Modified: 27 Aug 2021 02:10
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/11093

Actions (login required)

View Item View Item