Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Manajemen Penanganan Kasus Kekerasan Perempuan Melalui Program Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) HARAPAN Di Kabupaten Purbalingga

Dewanto, Dimas Pandu (2021) Manajemen Penanganan Kasus Kekerasan Perempuan Melalui Program Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) HARAPAN Di Kabupaten Purbalingga. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Dimas Pandu D-F1B015077-Skripsi-2021.pdf.pdf

Download (170kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dimas Pandu D-F1B015077-Skripsi-2021.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dimas Pandu D-F1B015077-Skripsi-2021.pdf.pdf

Download (148kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Dimas Pandu D-F1B015077-Skripsi-2021.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Dimas Pandu D-F1B015077-Skripsi-2021.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Dimas Pandu D-F1B015077-Skripsi-2021.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Dimas Pandu D-F1B015077-Skripsi-2021.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Dimas Pandu D-F1B015077-Skripsi-2021.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dimas Pandu D-F1B015077-Skripsi-2021.pdf.pdf

Download (148kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dimas Pandu D-F1B015077-Skripsi-2021.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)

Abstract

Saat ini upaya perlindungan anak anak dan perempuan belum dapat diberikan secara maksimal oleh pemerintah serta aparat penegak hukum. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), tercatat kurun lima tahun terakhir kasus kekerasan kepada perempuan mengalami peningkatan setiap tahun. Melihat fakta bahwa kekerasan perempuan masih tinggi, Pemerintah Daerah Purbalingga membentuk Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) yang diberi nama PPT Harapan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan manajemen Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) Harapan dalam mengatasi kasus kekerasan pada perempuan di Kabupaten Purbalingga dan juga hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaannya Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sasaran penelitian antara lain ketua dan jajaran pengurus PPT Harapan. Di samping itu, sasaran pendukung penelitian ini adalah keluarga perempuan korban kekerasan KDRT di Kabupaten Purbalingga. Metode pengumpulan data yang dipakai yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis interaktif dan validasi data memakai triangulasi. Hasil penelitian menjelaskan tahap perencanaan strategis, upaya penanganan kasus kekerasan kepada perempuan dilakukan dengan prinsip keadilan restoratif yakni pendekatan terhadap penyelesaian kasus yang menekankan pada pemulihan korban dan juga komunitas daripada menghukum pelaku. Oleh karena itu, melalui prinsip restoratif, maka perencanaan strategis fokus pada program pelayanan seperti pencegahan kekerasan perempuan melalui sosialisasi, layanan advokasi hukum, layanan rehabilitasi dan reintegrasi serta layanan khusus seperti kampanye, dialog dan call center melalui sosial media. Pada tahap implementasi strategis, PPT Harapan fokus terhadap layanan penanganan kasus kekerasan yang diawali dengan tahap penerimaan dan pengaduan laporan assesment, advokasi dan pembelan hukum, dan pelayanan rehabilitatif yang dilengkapi fasilitas rumah aman (shelter). Pada tahap evaluasi strategis, terdapat beberapa hambatan baik itu internal dan eksternal yang dialami. Secara internal, PPT Harapan memiliki masalah pada kurangnya pendanaan, penyesuaian kelembagaan, dan tumpeng tindihnya tupoksi yng diperparah dengan tidak adanya SOP yang spesifik mengatur relawan pendamping. Secara eksternal, PPT Harapan juga menghadapi rendahnya partisipsi masyarakat. Dari semua hal itu, PPT Harapan juga turut menilai bahwa Peraturan yang ada belum mengakomodir para perempuan korban kekerasan, khususnya dalam konteks keadilan restoratif yang hanya melihat dampak materiil saja tanpa memandang dampak lain yang dialami perempuan. Hal ini secara tidak langsung berdampak pada terus meningkatnya jumlah kekerasan yang terjadi terhadap perempuan di Purbalingga pada khususnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F21313
Uncontrolled Keywords: Kekerasan perempuan, manajemen strategis, PPT Harapan
Subjects: M > M35 Management
V > V78 Violence
W > W170 Women
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mr Dimas Pandu Dewanto
Date Deposited: 28 Aug 2021 00:40
Last Modified: 28 Aug 2021 00:40
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/11135

Actions (login required)

View Item View Item