PARAMITHA, Dinda Sekar (2021) Persepsi Pasien Terhadap Pelayanan Laboratorium Klinik An Nur Cilacap. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Dinda Sekar Paramitha-C2C017009-Tesis-2021.pdf.pdf Download (136kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dinda Sekar Paramitha-C2C017009-Tesis-2021.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dinda Sekar Paramitha-C2C017009-Tesis-2021.pdf.pdf Download (304kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Dinda Sekar Paramitha-C2C017009-Tesis-2021.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (684kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Dinda Sekar Paramitha-C2C017009-Tesis-2021.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Dinda Sekar Paramitha-C2C017009-Tesis-2021.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (788kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Dinda Sekar Paramitha-C2C017009-Tesis-2021.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Dinda Sekar Paramitha-C2C017009-Tesis-2021.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dinda Sekar Paramitha-C2C017009-Tesis-2021.pdf.pdf Download (522kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dinda Sekar Paramitha-C2C017009-Tesis-2021.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi pasien terhadap pelayanan laboratorium di Klinik An Nur Cilacap ditinjau dari 8 dimensi mutu pelayanan kesehatan dan mengidentifikasi peran manajemen dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan melakukan evaluasi pelayanan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi langsung, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Penentuan informan dilakukan dengan partisipan informan. Informan utama adalah 20 orang pasien Medical Check Up, sedangkan informan triangulasi adalah 6 orang petugas laboratorium, 1 orang dokter penanggung jawab laboratorium, 2 orang manajemen klinik, dan 3 orang perawat klinik. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menujukkan persepsi pasien cukup baik ditinjau dari dimensi kompetensi teknis, akses terhadap pelayanan, efektifitas, hubungan antar manusia, efisiensi, kesinambungan, keamanan, dan kenyamanan. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu meningkatkan keterampilan dalam pengambilan sampel darah, penambahan jumlah SDM laboratorium, evaluasi berkala mengenai kinerja SDM laboratorium, pengadaan buku pencatatan reagen, dan meningkatkan sarana dan prasarana di klinik. Manajemen klinik dapat berperan untuk melakukan evaluasi secara berkala dengan menerapkan siklus PDCA (Plan Do Check Act) untuk meningkatkan pelayanan laboratorium. Kata Kunci: Persepsi Pasien, Pasien Medical Check Up, Dimensi Mutu Pelayanan Kesehatan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Nomor Inventaris: | P21171 |
Uncontrolled Keywords: | Persepsi pasien, Pasien Medical Check Up, Dimensi mutu pelayanan kesehatan |
Subjects: | C > C647 Community health services L > L20 Laboratories P > P138 Perception |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Manajemen |
Depositing User: | Mrs DINDA SEKAR PARAMITHA |
Date Deposited: | 28 Aug 2021 00:51 |
Last Modified: | 28 Aug 2021 00:51 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/11158 |
Actions (login required)
View Item |