Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pertumbuhan Tunas Mutan Dua Varietas Jeruk Siam Hasil Radiasi Sinar Gamma yang Disambungkan Pada Jeruk Siam Berumur Lima Tahun

WIDYASARI, Hesti Ratna (2021) Pertumbuhan Tunas Mutan Dua Varietas Jeruk Siam Hasil Radiasi Sinar Gamma yang Disambungkan Pada Jeruk Siam Berumur Lima Tahun. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Hesti Ratna Widyasari-A1D017104-Skripsi-2021.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Hesti Ratna Widyasari-A1D017104.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Hesti Ratna Widyasari-A1D017104-Skripsi-2021.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Hesti Ratna Widyasari-A1D017104-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Hesti Ratna Widyasari-A1D017104-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Hesti Ratna Widyasari-A1D017104-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Hesti Ratna Widyasari-A1D017104-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Hesti Ratna Widyasari-A1D017104-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Hesti Ratna Widyasari-A1D017104-Skripsi-2021.pdf

Download (141kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Hesti Ratna Widyasari-A1D017104-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)

Abstract

Jeruk merupakan komoditas buah yang berpeluang tinggi untuk dikembangkan, karena tingginya tingkat konsumsi buah jeruk di Indonesia. Namun, jeruk di Indonesia belum mampu bersaing dengan produk global dikarenakan jeruk lokal masih memiliki banyak biji. Sehingga perlu dilakukan usaha perbaikan untuk dapat menghasilkan buah jeruk yang tidak berbiji. Usaha tersebut dapat dilakukan dengan induksi mutasi fisik berupa penyinaran tanaman menggunakan sinar gamma. Sinar gamma sering diaplikasikan karena memiliki kemampuan penetrasi yang jauh ke dalam jaringan tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui respon keragaman fenotipik tunas mutan jeruk siam (Citrus nobilis) setelah diradiasi, 2) mendapatkan dosis radiasi sinar gamma yang efektif terhadap perubahan respon keragaman fenotipik tunas mutan jeruk siam, dan 3) mengetahui varietas jeruk siam yang responsif terhadap radiasi sinar gamma. Penelitian dilaksanakan mulai bulan Oktober 2020 sampai Maret 2021, di kebun jeruk Karanggude, Karanglewas, Banyumas. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan menggunakan 2 faktor. Faktor pertama yaitu dosis radiasi sinar gamma (30, 40, 50, dan 60 Gy), dan faktor kedua yaitu jenis varietas entres jeruk (Siam Madu dan Siam Cilacap). Variabel yang diamati yaitu persentase sambungan jadi, panjang tunas, jumlah daun, luas daun, kehijauan daun, jumlah stomata, dan kerapatan stomata. Data dianalisis sidik ragam menggunakan uji F diuji F dan apabila terdapat keragaman antar perlakuan dilanjutkan uji lanjut Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada taraf kesalahan 5%. Varietas Siam Madu dan Varietas Siam Cilacap menunjukkan respon yang beragam. Radiasi menyebabkan pertumbuhan daun menjadi abnormal yang ditunjukkan dengan adanya percabangan pada tulang daun, dan daun tumbuh kecil. Hasil analisis menunjukkan bahwa radiasi sinar gamma mempengaruhi jumlah daun pada perlakuan dosis yang diberikan, namun tidak mempengaruhi persentase sambungan jadi, panjang tunas, luas daun, kehijauan daun, jumlah stomata, dan kerapatan stomata. Ada respon yang berbeda antar varietas yang dicoba pada persentase sambungan jadi, luas daun, dan kehijauan daun, tetapi tidak ada respon antar varietas yang dicoba pada panjang tunas, jumlah daun, jumlah stomata, dan kerapatan stomata. Tidak ada interaksi antara radiasi sinar gamma dan varietas jeruk siam pada semua variabel pengamatan. Dosis radiasi sinar gamma yang efektif dalam mempengaruhi perubahan respon keragaman fenotipik jeruk siam belum dapat diketahui, karena dosis radiasi sinar gamma yang dicoba hanya berpengaruh terhadap jumlah daun. Varietas Siam Madu merupakan varietas jeruk siam yang lebih responsif dibandingkan dengan Varietas Siam Cilacap. Penelitian lanjutan perlu dilakukan dengan mengamati keragaman fenotipik sampai tanaman menghasilkan buah, sehingga dapat diketahui bahwa perlakuan radiasi sinar gamma menghasilkan varietas jeruk siam tanpa biji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A21168
Uncontrolled Keywords: jeruk siam, jeruk tanpa biji, radiasi sinar gamma, dosis radiasi
Subjects: C > C417 Citrus fruits
P > P335 Plants Growth
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agroteknologi
Depositing User: Mrs Hesti Ratna Widyasari
Date Deposited: 30 Aug 2021 07:59
Last Modified: 30 Aug 2021 07:59
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/11185

Actions (login required)

View Item View Item