Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Efektivitas Hukum Pemasangan Alat Kontrasepsi dalam Rahim (AKDR) dari Resiko Kegagalan dalam Asuhan Kebidanan (Studi di Kecamatan Maos, Cilacap)

ADDAWIYYAH, Norma Amalia Robbingatul (2021) Efektivitas Hukum Pemasangan Alat Kontrasepsi dalam Rahim (AKDR) dari Resiko Kegagalan dalam Asuhan Kebidanan (Studi di Kecamatan Maos, Cilacap). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-NORMA AMALIA R A-E1A017333-SKRIPSI-2021.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-NORMA AMALIA RA-E1A017333-SKRIPSI-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-NORMA AMALIA R A-E1A017333-SKRIPSI-2021.pdf

Download (207kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-NORMA AMALIA RA-E1A017333-SKRIPSI-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-NORMA AMALIA RA-E1A017333-SKRIPSI-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-NORMA AMALIA RA-E1A017333-SKRIPSI-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-NORMA AMALIA RA-E1A017333-SKRIPSI-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-NORMA AMALIA RA-E1A017333-SKRIPSI-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-NORMA AMALIA RA-E1A017333-SKRIPSI-2021.pdf

Download (127kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas hukum pemasangan Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) dari resiko kegagalan dalam asuhan kebidanan dan faktor-faktor yang cenderung mempengaruhi efektivitas pemasangan Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) dari resiko kegagalan dalam asuhan kebidanan di Kecamatan Maos. Dalam mencapai tujuan tersebut, digunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan yuridis sosiologis dengan spesifikasi penelitian deskriptif. Penelitian ini mengambil lokasi di Kecamatan Maos dengan populasi sasaran bidan yang ada di Kecamatan Maos. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sample random sampling sebanyak 24 responden. Jenis dan sumber data meliputi data primer dan data sekunder yang diperoleh dari metode angket, dokumenter, dan kepustakaan. Kemudian, data yang terkumpul diolah dengan menggunakan metode coding, editing dan tabulasi data yang secara keseluruhan disajikan dengan tabel-tabel terutama tabel distribusi frekuensi dan tabel silang frekuensi serta dalam bentuk naratif. Analisis untuk data kuantitatif menggunakan metode tabel distribusi frekuensi dan tabel silang frekuensi, sedangkan untuk data kualitatif menggunakan model analisis isi dan analisis perbandingan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh bahwa Efektivitas Hukum pemasangan Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) dari resiko kegagalan dalam asuhan kebidanan di Kecamatan Maos Cilacap adalah efektif. Hal ini dapat dibuktikan dengan indikator-indikator yakni tingginya kompetensi bidan dalam pemasangan AKDR, efektifnya tindakan awal bidan dalam pemasangan AKDR, efektifnya tindakan proses pemasangan AKDR, efektifnya tindakan pasca pemasangan AKDR dan efektifnya tindakan pencabutan AKDR. Selain itu, diperoleh faktor- faktor yang cenderung mempengaruhi efektivitas pemasangan Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) dari resiko kegagalan dalam asuhan kebidanan di Kecamatan Maos, Cilacap yaitu meliputi faktor motivasi dan komunikasi sebagai faktor personal serta faktor kondisi fisik tempat kerja sebagai faktor sosial, yang cenderung berpengaruh secara positif terhadap efektivitas hukum pemasangan Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) dari resiko kegagalan dalam asuhan kebidanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: E21315
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Hukum, Motivasi, Komunikasi, Kondisi Fisik Tempat Kerja
Subjects: B > B183 Birth control
M > M184 Medical personnel Malpractice
M > M188 Medical policy
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Mrs Norma Amalia Robbingatul Addawiyyah
Date Deposited: 18 Nov 2021 05:04
Last Modified: 18 Nov 2021 05:04
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/12091

Actions (login required)

View Item View Item