Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

KUALITAS PELAYANAN REHABILITASI PENGGUNA NARKOTIKA DI KLINIK PRATAMA ADIKSIA MEDIKA BADAN NARKOTIKA NASIONAL KABUPATEN BANYUMAS

AZ-ZAHRA, Mabila Agustina (2021) KUALITAS PELAYANAN REHABILITASI PENGGUNA NARKOTIKA DI KLINIK PRATAMA ADIKSIA MEDIKA BADAN NARKOTIKA NASIONAL KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Mabila Agustina Az-Zahra-F1B017078-Skripsi-2021.pdf

Download (896kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Mabila Agustina A-Zahra-F1B017078-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Mabila Agustina Az-Zahra-F1B017078-Skripsi-2021.pdf

Download (857kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Mabila Agustina Az-Zahra-F1B017078-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Mabila Agustina Az-Zahra-F1B017078-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Mabila Agustina Az-Zahra-F1B017078-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Mabila Agustina Az-Zahra-F1B017078-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (758kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Mabila Agustina Az-Zahra-F1B017078-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Daftarpustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Mabila Agustina Az-Zahra-F1B017078-Skripsi-2021.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Mabila Agustina Az-Zahra-F1B017078-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Kualitas Pelayanan Rehabilitasi Pengguna Narkotika Di Klinik Pratama Adiksia Medika Badan Narkotika Nasional Kabupaten Banyumas. Pelayanan publik yang diberikan oleh institusi pemerintahan seringkali mendapatkan penilaian yang buruk tentang kualitasnya. Hal tersebut dapat terjadi karena dalam proses pelayanan, pemerintah mengalami berbagai hambatan yang membuat masyarakat sebagai pengguna jasa merasa kurang puas.Salah satunya pelayanan rehabilitasi di Klinik Pratama Adiksia Medika, masih ada berbagai keluhan yang disampaikan oleh pasien terhadap pelayanan yang diberikan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan rehabilitasi bagi pengguna narkotika di Klinik Pratama Adiksia Medika. penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian berada di Klinik Pratama Adiksia Medika Badan Narkotika Nasional Kabupaten Banyumas. Sasaran dari penelitian ini adalah pegawai klinik dan pasien yang sudah mendapatkan rehabilitasi rawat jalan di Klinik Pratama Adiksia Medika Badan Narkotika Nasional Kabupaten Banyumas. Penilaian kualitas pelayanan diukur dengan teori SERVQUAL (Service Quality) yang dikemukakan oleh Parasuraman, Zeithaml, dan Berry yang terdapat lima dimensi di dalamnya yaitu: yaitu berwujud (Tangibles), kehandalan (Reliability), daya tanggap (Responsiveness), jaminan (Assurance), dan empati (Emphaty). Teknik pemilihan informan yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan rehabilitasi bagi pengguna narkotika di Klinik Pratama Adiksia Medika Badan Narkotika Nasional Kabupaten Banyumas sudah cukup baik. Akan tetapi terdapat beberapa dimensi yang kurang memadai dan belum dilakukan secara maksimal yaitu terkait dengan sarana dan prasarana serta sikap ramah yang dimiliki oleh petugas. Hal tersebut dapat terjadi karena jumlah ruangan yang disediakan terbatas sedangkan jumlah tindakan selama proses rehabilitasi lebih banyak sehingga mengharuskan beberapa tindakan dilakukan dalam satu ruangan yang sama yaitu ruangan tindakan sekaligus juga ruang konseling dan konsultasi. Untuk perihal keramahan petugas klinik mengakui adanya budaya 5S yang sudah oleh seluruh pegawai akan tetapi kenyataannya terdapat petugas yang tidak melaksanakan budaya tersebut dan bersikap tidak ramah kepada pasien maupun masyarakat yang datang ke Klinik Pratama Adiksia Medika Badan Narkotika Nasional Kabupaten Banyumas. Untuk itu perlu adanya perhatian khusus dan evaluasi, agar kedepannya pelayanan yang diberikan dapat memberikan kenyamanan dan kepuasan kepada pasien rehabilitasi, sehingga kualitas pelayanan yang tercipta akan maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F21353
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Rehabilitasi, Pengguna Narkotika
Subjects: N > N14 Narcotics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mrs Mabila Agustina Az-Zahra
Date Deposited: 24 Nov 2021 05:03
Last Modified: 24 Nov 2021 05:03
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/12253

Actions (login required)

View Item View Item