Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Aksesibilitas Fasilitas Publik bagi Kelompok Difabel(Studi Kasus Problematika Kelompok Difabel Tuna Netra di Purwokerto)

ABIYYU, Rifqi (2020) Aksesibilitas Fasilitas Publik bagi Kelompok Difabel(Studi Kasus Problematika Kelompok Difabel Tuna Netra di Purwokerto). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Purwokerto merupakan sebuah kota yang terletak di bagian barat provinsi Jawa Tengah.Meskipun secara administratif, status Purwokerto bukanlah sebuah kota dalam pengertianadministratif, melainkan sebagai daerah yang terbagi pada empat kecamatan. Sebagaimana kotapada umumnya, Purwokerto juga menyediakan fasilitas publik tempat masyarakat beraktivitas.Salah satunya adalah kelompok difabel tunanetra yang mendapatkan ruang publik yang ramahbagi mereka. Tujuan utama dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pandangan kelompokdifabel tuna netra terhadap kelayakan fasilitas publik di Purwokerto dan mendeskripsikanaksesibilitas kelompok difabel tuna netra terhadap fasilitas publik di Purwokerto. Penelitian inimenggunakan metode kualitatif deskriptif. Informan pada penelitian ini dipilih menggunakanteknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,wawancara mendalam, dan dokumentasi. Adapun validitas data yang menggunakan tekniktriangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif Milesdan Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat fasilitas publik di Purwokerto masihdikatakan belum memberikan pelayanan yang tidak ramah bagi para kelompok tunanetra. Halini terlihat dari beberapa fasilitas-fasilitas di ruang publik yang belum menunjang bagikelompok tunantetra masih belum ada seperti tulisan braile maupun petunjuk yang berupaarahan-arahan secara verbal dari petugas yang bekerja di ruang publik dan pandangan menurutpara difabel mereka belum bisa menikmati fasilitas yang seharusnya ada bagi mereka. Denganini para kelompok difabel tunanetra memandang jika mereka dalam merasakan fasilitas yangada di purwokerto masih sangat tidak ramah bagi mereka. Semua itu terlihat mulai dari trotoarsampai dengan fasilitas publik lainnya yang memiliki ketidaknyamanan bagi difabel tunanetra.Salah satunya trotoar yang sebenarnya sangat terlihat karena itu merupakan salah satu fasilitaspublik yang mudah dilihat dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Kemudian untukpemaknaan setiap fasilitas publik pun juga berbeda-beda, tergantung dari setiap kebutuhanfasilitas ruang publik itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F20081
Uncontrolled Keywords: Purwokerto, Fasilitas, Difabel Tunanetra
Subjects: D > D197 Disabilities
P > P623 Public
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: Mrs Yayuk Khotiarsih
Date Deposited: 21 Jan 2022 03:45
Last Modified: 21 Jan 2022 03:45
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13116

Actions (login required)

View Item View Item