Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Resistensi Masyarakat Desa Kaliori terhadap Keberadaan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Kaliori Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas

JUNTASI, Mohamad Alifka Umara (2020) Resistensi Masyarakat Desa Kaliori terhadap Keberadaan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Kaliori Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
4. COVER-MOHAMAD ALIFKA UMARA JUNTASI-F1A015016-SKRIPSI-2020.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Legalitas)
3. LEGALITAS DAN BAGIAN AWAL TUGAS AKHIR-MOHAMAD ALIFKA UMARA JUNTASI-F1A015016-SKRIPSI-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Abstrak)
2. ABSTRAK-MOHAMAD ALIFKA UMARA JUNTASI-F1A015016-SKRIPSI-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
5. BAB I PENDAHULUAN-MOHAMAD ALIFKA UMARA JUNTASI-F1A015016-SKRIPSI-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabII)
6. BAB II TINJAUAN PUSTAKA-MOHAMAD ALIFKA UMARA JUNTASI-F1A015016-SKRIPSI-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabIII)
7. BAB III METODE PENELITIAN-MOHAMAD ALIFKA UMARA JUNTASI-F1A015016-SKRIPSI-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabIV)
8. BAB IV HASIL PENELITIAN-MOHAMAD ALIFKA UMARA JUNTASI-F1A015016-SKRIPSI-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
9. BAB V PENUTUP-MOHAMAD ALIFKA UMARA JUNTASI-F1A015016-SKRIPSI-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
10. DAFTAR PUSTAKA-MOHAMAD ALIFKA UMARA JUNTASI-F1A015016-SKRIPSI-2020.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Lampiran)
11. LAMPIRAN-MOHAMAD ALIFKA UMARA JUNTASI-F1A015016-SKRIPSI-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Kaliori adalah tempat pembuangan dan pengelolaansampah yang berada di Desa Kaliori, Kecamatan Kalibagor, Banyumas. Keberadaan TPAKaliori menyebabkan pencemaran air, tanah, dan udara terhadap lingkungan wargasetempat dikarenakan sistem dan metode pengelolaan yang masih konvensional. Olehkarena itu, munculah aksi unjuk rasa berbentuk demonstrasi bersifat resistensi darimasyarakat Desa Kaliori yang menuntut ditutupnya TPA Kaliori secara permanen mulaidari tanggal 1 Januari 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan danmengungkap proses resistensi masyarakat Desa Kaliori. Penelitian ini menggunakanmetode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik penentuan informan yaitupurposive sampling. Dalam penelitian ini, data diperoleh melalui wawancara interaktif,observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian iniadalah analisis data interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian diketahui bahwa proses resistensi yang dilakukan oleh masyarakat DesaKaliori dalam memperjuangkan lingkungannya memiliki dua bentuk resistensi yakniresistensi secara terbuka dan tertutup. Proses resistensi tersebut tidak terlepas juga olehperan Pemerintah Desa (Pemdes) Kaliori yang mendorong, membantu, menyokong, danmengakomodir gerakan dari warga setempat. Selain itu, Pemdes yang memiliki relasi danakses dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas mampu menjembatani prosesmusyawarah antara warga dengan Pemkab terutama dari Dinas Lingkungan Hidup(DLH) Banyumas sehingga terciptalah dialog. Penindakan lebih lanjut dari masyarakatDesa Kaliori untuk sterilisasi lingkungan pasca penutupan TPA Kaliori diamini olehPemdes meskipun belum direalisasikan seperti rencana konsolidasi dengan pengelolaTPA untuk membersihkan sampah-sampah yang masih tersisa di dalam TPA. Aksi nyatayang sudah dilaksanakan oleh warga setempat adalah kerja bakti memungut sampah disekitar lingkungan Dusun Kaliori. Rekomendasi penelitian ini adalah perlunya pembenahan secara komprehensif terkaitcara dan metode pengelolaan sampah di dalam TPA, merubah sistem open dumpingmenjadi sanitary landfill sesuai dengan UU No. 18 Tahun 2008. Kemudian, eksistensiAnalisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) harus diperkuat dandiimplementasikan secara adil tanpa campur tangan suatu kepentingan tertentu sertayang paling penting adalah kepedulian dari pemerintah khususnya instansi yangmenangani permasalahan lingkungan untuk melindungi hak masyarakat mendapatkanlingkungan yang bersih dan steril.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F20093
Uncontrolled Keywords: Resistensi, Masyarakat, Pengelolaan sampah, TPA
Subjects: E > E370 Environmental protection
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: Mrs Yayuk Khotiarsih
Date Deposited: 21 Jan 2022 07:41
Last Modified: 21 Jan 2022 07:41
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13167

Actions (login required)

View Item View Item