Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Peran Perawat dalam Rehabilitasi terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Ditinjau dari Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2014 tentang Kesehatan Jiwa (Studi di Instalasi Jiwa Rumah Sakit Umum Daerah Banyumas)

AMALIA, Filda Lee Aula (2020) Peran Perawat dalam Rehabilitasi terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Ditinjau dari Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2014 tentang Kesehatan Jiwa (Studi di Instalasi Jiwa Rumah Sakit Umum Daerah Banyumas). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Filda.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Filda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Filda.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (BabI)
2. BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabII)
3. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabIII)
4. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabIV)
5. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabV)
6. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran perawat dalam rehabilitasi terhadap orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) ditinjau dari Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2014 tentang Kesehatan Jiwa di Instalasi Jiwa Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banyumas dan faktor-faktor yang cenderung mempengaruhi peran perawat dalam rehabilitasi terhadap orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) ditinjau dari Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2014 tentang Kesehatan Jiwa di Instalasi Jiwa Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode peneltian kualitatif dengan pendekatan yuridis empiris dan spesifikasi penelitian deskriptif. Penelitian ini mengambil lokasi di Instalasi Jiwa Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banyumas dengan informan sebanyak 4 orang. Metode penentuan informan menggunakan purposive sampling atau criterian based selection. Jenis dan sumber data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder yang diperoleh dengan metode wawancara, kuesioner, studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan cara reduksi data, display data dan kategorisasi data dan kemudian disajikan dalam bentuk teks naratif dan matriks data kualitatif. Uji mutu data menggunakan triangulasi data yang meliputi triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data kualitatif menggunakan model anaisis isi (content analysis) dan analisis perbandingan (comparative analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran perawat dalam rehabilitasi terhadap orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) ditinjau dari Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2014 tentang Kesehatan Jiwa di Instalasi Jiwa Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banyumas telah terlaksana secara efektif. Hal inidibuktikan dengan hasil penelitian terhadap 6 (enam) indikator meliputi efektifnya peran perawat dalam perawatan dan pengasuhan, efektifnya peran perawat dalam bimbingan mental spiritual, efektifnya peran perawat dalam bimbingan fisik, efekifnya peran perawat dalam bimbingan resosialisasi, efektifnya peran perawat dalam bimbingan lanjut serta faktor-faktor yang mempengaruhi peran perawat dalam rehabilitasi terhadap orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Instalasi Jiwa Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: E20201
Uncontrolled Keywords: Peran Perawat, Rehabilitasi, Orang Dengan Gangguan Jiwa
Subjects: M > M188 Medical policy
M > M255 Mentally ill
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Mrs PKL Sekar
Date Deposited: 24 Jan 2022 08:05
Last Modified: 24 Jan 2022 08:05
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13202

Actions (login required)

View Item View Item