SABRANI, Respati Dwi (2021) Efektivitas Pelaksanaan Keselamatan Pasien di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER - Respati Dwi Sabrani - E2A019054 - Tesis - 2021.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS - Respati Dwi Sabrani - E2A019054 - Tesis - 2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK - Respati Dwi Sabrani - E2A019054 - Tesis - 2021.pdf Download (50kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I - Respati Dwi Sabrani - E2A019054 - Tesis - 2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II - Respati Dwi Sabrani - E2A019054 - Tesis - 2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III - Respati Dwi Sabrani - E2A019054 - Tesis - 2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV - Respati Dwi Sabrani - E2A019054 - Tesis - 2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V - Respati Dwi Sabrani - E2A019054 - Tesis - 2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA - Respati Dwi Sabrani - E2A019054 - Tesis - 2021.pdf Download (142kB) |
Abstract
RESPATI DWI SABRANI, Program Studi Magister Hukum-Fakultas Hukum, Universitas Jenderal Soedirman, Efektivitas Pelaksanaan Keselamatan Pasien di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Pembimbing I: Dr. Setya Wahyudi, S.H., M.H., Pembimbing II: Dr. Dwi Hapsari Retnaningrum, S.H., M.H. Keselamatan pasien adalah suatu sistem yang dibuat dalam asuhan pasien di rumah sakit, sehingga pasien menjadi lebih aman dan terhindar dari terjadinya cedera yang bisa disebabkan oleh kesalahan akibat melaksanakan suatu tindakan atau tidak mengambil tindakan yang seharusnya diambil. Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Jenderal Soedirman (RSGM Unsoed) Purwokerto merupakan sarana pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan gigi dan mulut untuk pelayanan kuratif dan rehabilitatif tanpa mengabaikan pelayanan peningkatan kesehatan dan pencegahan penyakit. RSGM Unsoed Purwokerto merupakan rumah sakit yang telah terakreditasi paripurna namun berdasarkan data yang disajikan oleh RSGM Unsoed Purwokerto, masih ada insiden keselamatan pasien yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa efektivitas pelaksanaan keselamatan pasien di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto dan untuk menganalisa faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan keselamatan pasien di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Penelitian ini dilakukan dengan metode yuridis empiris atau penelitian yuridis sosiologis, dikarenakan pada penelitian ini menggunakan ketentuan hukum yang sudah diaplikasikan pada RSGM Unsoed Purwokerto. Tipe Penelitian ini adalah deskriptif analisis, dengan menggunakan sumber data yang berasal dari data primer berupa wawancara dan observasi serta data sekunder meliputi bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif yaitu dengan merumuskan dalam bentuk kata-kata atau kalimat-kalimat dalam upaya mengelompokkan data, memilah-milahnya menjadi satuan yang dapat dikelola dengan mencari dan menemukan keterkaitan dengan permasalahan penelitian, kemudian diolah menjadi uraian-uraian untuk dapat ditarik kesimpulan sebagai akhir penulisian penelitian ini. Hasil Penelitian menunjukan pelaksanaan keselamatan pasien di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto kurang efektif. Hal ini dapat diukur melalui tiga unsur yaitu pertama, substansi hukum yang mengatur mengenai keselamatan pasien antara undang-undang dan peraturan Menteri telah selaras dan saling melengkapi. Kedua, struktur hukum yaitu Direksi telah menerbitkan SPO tentang keselamatan pasien yang berguna untuk pencegahan pengulangan insiden keselamatan pasien, namun disisi lain sub komite keselamatan pasien sebagai pelaksana dan pengawas dalam pelaporan insiden keselamatan pasien RSGM Unsoed belum berjalan dengan baik. Terdapat keterlambatan pelaporan sehingga budaya keselamatan pasien dan akuntabilitas rumah sakit belum tercapai. Ketiga, kultur hukum dengan tidak adanya sanksi pagi pegawai yang tidak melaporkan insiden keselamatan pasien menyebabkan beberapa pegawai kurang taat terhadap peraturan terkait keselamatan pasien dan lalai dalam mencatat insiden keselamatan pasien. Hal ini menandakan budaya keselamatan pasien belum terbentuk dengan baik. Faktor-faktor pendukung dalam pelaksanaan keselamatan pasien di RSGM Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto yaitu faktor hukum, faktor sarana dan fasilitas Pendukung. Sedangkan faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan keselamatan pasien yaitu lemahnya kedisiplinan para pegawai akibat tidak adanya sanksi dan penghargaan yang diberikan oleh jajaran direksi, kurang taatnya pegawai akan aturan keselamatan pasien disebabkan oleh kurangnya pengawasan dari sub komite keselamatan pasien. Selain itu, kurangnya pengawasan ini dikarenakan pegawai RSGM Unsoed memiliki pekerjaan ganda (double job), sehingga menyebabkan pegawai yang seharusnya mengawasi juga melakukan pekerjaan lain disaat yang bersamaan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Nomor Inventaris: | P222053 |
Uncontrolled Keywords: | efektivitas hukum, keselamatan pasien, rumah sakit gigi dan mulut |
Subjects: | P > P103 Patients S > S31 Salvation |
Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Ilmu Hukum |
Depositing User: | Mrs Respati Dwi Sabrani |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 07:14 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 07:14 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/14774 |
Actions (login required)
View Item |