Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Konsentrasi Pupuk Organik Cair dan Dosis Bokashi pada Pertumbuhan dan Hasil Bawang Merah dalam Budidaya Semi Organik

PATIMAH, Aneng (2016) Pengaruh Konsentrasi Pupuk Organik Cair dan Dosis Bokashi pada Pertumbuhan dan Hasil Bawang Merah dalam Budidaya Semi Organik. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (979kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (893kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bawang merah merupakan salah satu komoditas sayuran yang mempunyai arti penting bagi masyarakat. Permintaan bawang merah di pasaran semakin meningkat, tetapi tidak dapat diimbangi dengan produksi tanaman bawang merah ditingkat pertanian. Hal ini dipengaruhi oleh produktivitas tanah pada lahan pertanian penanaman bawang merah yang semakin hari semakin menurun yang disebabkan oleh penggunaan pupuk anorganik yang berlebihan yang berdampak pada kerusakan struktur tanah. Salah satu cara mengantisipasi hal tersebut adalah dengan memanfaatkan pupuk organik dan anorganik secara terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengkaji pengaruh konsentrasi Pupuk Organik Cair pada pertumbuhan dan hasil bawang merah, (2) mengkaji pengaruh dosis bokashi terhadap pertumbuhan dan hasil bawang merah (3) mengetahui interaksi Pupuk Organik Cair dan Pupuk Bokashi. Penelitian ini dilaksanakan dari Maret sampai Juni 2015 di Rumah Kaca dan Laboraturium Agronomi Fakultas Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial dengan dua faktor. Faktor yang di uji terdiri atas : 1) Konsentrasi Pupuk Organik Cair : 0 %, 10 %, dan 20 %. 2) Dosis Bokashi : 10 ton/ha, 20 ton/ha, dan 30 ton/ha. Variabel yang diamati yaitu panjang akar, jumlah akar, tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah anakan, jumlah umbi, bobot segar umbi, bobot kering umbi, volume umbi, dan rasio bobot benih:hasil. Hasil penelitian menunjukkan konsentrasi Pupuk Organik Cair berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil bawang merah meliputi variabel bobot segar umbi, bobot kering umbi, dan rasio bobot benih:bobot kering umbi yaitu konsentrasi 0 % (K0). Konsentrasi paling baik pada jumlah akar yaitu 10 % (K1) yang mampu meningkatkan jumlah akar 23,94 % dibanding kontrol (K0). Dosis bokashi tidak memberikan pengaruh pada semua variabel pengamatan. Ditemukan interaksi antara konsentrasi Pupuk Organik Cair dengan dosis bokashi. Kombinasi perlakuan konsentrasi 10 % dengan dosis bokashi 30 ton/ha (K1M3) memberikan hasil paling baik pada variabel panjang akar . Kombinasi perlakuan konsentrasi 10 % dengan dosis bokashi 20 ton/ha (K1M2) memberikan hasil paling baik pada variabel jumlah akar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16035
Uncontrolled Keywords: Budidaya Bawang Merah, Pemupukan
Subjects: F > F121 Fertilizers
O > O142 Organic farming
P > P335 Plants Growth
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agroteknologi
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 17 Mar 2022 02:36
Last Modified: 17 Mar 2022 02:36
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15090

Actions (login required)

View Item View Item