Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Teknik Budidaya Tanaman Padi terhadap Kualitas Air Sungai di Sub Daerah Aliran Sungai Logawa Kabupaten Banyumas

PADNI, Astri Anisah (2016) Pengaruh Teknik Budidaya Tanaman Padi terhadap Kualitas Air Sungai di Sub Daerah Aliran Sungai Logawa Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (887kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (972kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (976kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tanaman padi merupakan tanaman pangan yang paling banyak diusahakan di Indonesia. Hal ini disebabkan makanan pokok mayoritas penduduk Indonesia adalah nasi. Kegiatan budidaya tanaman pangan terutama tanaman padi akan meningkat seiring dengan peningkatan permintaan pasar. Dampak yang akan terjadi adalah eksploitasi lahan untuk dapat memenuhi besarnya permintaan pasar sehingga dilakukannya penanaman secara terus menerus tanpa memperhatikan kondisi lingkungan yang mencakup tanah dan air. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui teknik budidaya yang dilakukan petani tanaman padi di Sub DAS Logawa Kabupaten Banyumas, 2) mengetahui dampak teknik budidaya tanaman padi terhadap kualitas air sungai Sub DAS Logawa Kabupaten Banyumas, 3) mengetahui kearifan lokal dalam budidaya tanaman yang dilakukan oleh petani dalam upaya pengendalian kerusakan lingkungan di Sub DAS Logawa Kabupaten Banyumas. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan dari bulan Juli 2015 sampai Desember 2015 di Kecamatan Kedungbanteng, Kecamatan Karanglewas dan Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Teknik budidaya yang umumnya dilakukan petani tanaman padi di Sub DAS Logawa Kabupaten Banyumas adalah teknik budidaya konvensional, 2) Teknik budidaya tanaman padi berpengaruh terhadap kualitas air sungai di wilayah Sub DAS Logawa Kabupaten Banyumas terutama di wilayah hulu pada kegiatan pemupukan, 3) Kearifan lokal yang dilakukan oleh petani dalam upaya pengendalian kerusakan lingkungan di Sub DAS Logawa Kabupaten Banyumas, diantaranya adalah penggunaan kalender Pranata Mangsa dan penanaman sereh (Cymbopogon citratus (DC.) Stapf) di bedengan sawah sebagai bentuk konservasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16088
Subjects: C > C1000 Cultivated plants
R > R280 Rivers
W > W52 Water
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agroteknologi
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 06 Apr 2022 02:11
Last Modified: 06 Apr 2022 02:11
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15154

Actions (login required)

View Item View Item