Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Pemanfaatan Photovoltaic sebagai Sumber Energi Pompa pada Sistem Aeroponik Benih Kentang (Solanum Tuberosum L.) di Dataran Rendah

ALVIANA, Ian Dwi (2016) Analisis Pemanfaatan Photovoltaic sebagai Sumber Energi Pompa pada Sistem Aeroponik Benih Kentang (Solanum Tuberosum L.) di Dataran Rendah. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (896kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Aeroponik adalah metode budidaya tanaman dimana akar tanaman menggantung di udara serta memperoleh unsur hara dan air dari larutan nutrisi yang disemprotkan ke akar. Salah satu komponen yang berperan penting pada sistem aeroponik yaitu pompa. Pompa pada sistem aeroponik berfungsi sebagai penyalur nutrisi ke perakaran tanaman. Pengoperasian pompa pada sistem aeroponik membutuhkan energi listrik. Pemanfaatan energi alternatif diperlukan untuk mendayagunakan potensi alam yang melimpah. Efisiensi pemanfaatan photovoltaic pada sistem aeroponik untuk budidaya tanaman belum banyak dikaji, oleh karena itu perlu dikembangkan pemanfaatan photovoltaic sebagai sumber energi pompa pada sistem aeroponik. Energi listrik yang dibutuhkan untuk mengoperasikan pompa dapat dihasilkan dengan memanfaatkan sistem photovoltaic.Tujuan penelitian ini diantaranya 1) melakukan analisis efisiensi konversi energi photovoltaic 2) melakukan pengukuran kemampuan sistem photovoltaic untuk mengoperasikan pompa pada aeroponik dan 3) melakukan analisis finansial sistem photovoltaic. Pelaksanaan penelitian dilakukan dua kali percobaan yaitu percobaan lama waktu pemanfaatan sistem photovoltaic untuk mengoperasikan pompa 125 Watt yang menggunakan konduktor timer (interval timer 5 menit off dan 2 menit on) dan pengukuran daya photovoltaic tanpa dihubungkan pada pompa. Variabel yang diamati adalah tegangan (volt), arus (ampere), charge energy (kWh), intensitas cahaya (W/m 2 C). Data yang dianalisis akan menghasilkan nilai efisiensi dan nilai finansial dari sistem photovoltaic. Hasil penelitian menunjukan bahwa efisiensi konversi energi rata-rata photovoltaic polikristal sebesar 12,08%. Pengukuran kemampuan sistem photovolotaic untuk mengoperasikan pompa pada aeroponik yang digunakan setiap hari diperoleh waktu terlama 5 jam 45 menit dari pukul 11:30 – 17:05 WIB dengan menggunakan konduktor timer (interval timer 5 menit off, 2 menit on). Tarif sistem photovoltaic masih terlalu mahal dibandingkan dengan tarif yang ditetapkan PLN. Besar nilai tarif sistem photovoltaic, yaitu Rp. 13.447/kWh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16155
Subjects: C > C1000 Cultivated plants
L > L30 Land
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Teknik Pertanian
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 06 Apr 2022 07:01
Last Modified: 06 Apr 2022 07:01
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15274

Actions (login required)

View Item View Item