Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Efektivitas Penggunaan Pupuk Hayati Cair Penambat N2 dan Tricho-Kompos terhadap Serapan N pada Padi Varietas Ciherang serta Korelasinya dengan Karakter Agronomik

UTAMI, Luluk Hidayanti (2016) Efektivitas Penggunaan Pupuk Hayati Cair Penambat N2 dan Tricho-Kompos terhadap Serapan N pada Padi Varietas Ciherang serta Korelasinya dengan Karakter Agronomik. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (902kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (925kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (965kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tanaman padi merupakan komoditas strategis di banyak negara dan lebih dari separuh penduduk dunia mengandalkan beras sebagai sumber karbohidrat. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, padi selain berfungsi sebagai makanan pokok padi juga merupakan sumber mata pencaharian. Salah satu upaya intensifikasi padi dapat dilakukan dengan cara pemberian pupuk yang berimbang dan pengembalian bahan organik. Pengelolaan pemupukan padi khususnya varietas Ciherang yang ramah lingkungan dan berkelanjutan diduga dapat dilakukan dengan mengkombinasikan pemberian pupuk NPK, pupuk hayati cair penambat N2 dan tricho-kompos. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan pupuk hayati cair penambat N2 dan tricho – kompos terhadap: 1) pertumbuhan dan produksi padi varietas Ciherang, 2) perolehan dosis dari perlakuan efektif untuk produksi padi varietas Ciherang, dan 3) korelasi serapan N dengan karakter agronomik padi varietas Ciherang. Penelitian ini telah dilaksanakan selama 4 bulan, dimulai September 2015 sampai Januari 2016 di Screen House Agronomi, Laboratorium Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto dan Balitsa, Lembang, Bandung. Rancangan percobaan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial dengan 2 faktor, yaitu pupuk hayati cair penambat N2 (D) terdiri dari D0 (0 ml/ha), D1 (800 ml/ha), D2 (1.600 ml/ha), D3 (2.400 ml/ha) dan tricho-kompos (T) terdiri dari T0 (0 t/ha), T1 (2 t/ha), T2 (4 t/ha) dengan 3 kali ulangan. Variabel yang diamati yaitu tinggi tanaman, jumlah anakan, luas daun, panjang akar total, bobot kering brangkasan, serapan N, jumlah gabah per malai, persentase gabah isi, bobot gabah total, bobot 1.000 biji dan hasil gabah. Data hasil pengamatan dianalisis dengan uji F dilanjutkan dengan uji DMRT pada taraf kesalahan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pupuk hayati cair penambat N2 dan tricho – kompos berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, panjang akar total, serapan N, persentase gabah isi dan hasil gabah. Dosis pupuk hayati cair penambat N2 1.600 ml/ha dan tricho – kompos 6 t/ha merupakan dosis efektif karena mampu meningkatkan produksi hasil gabah hingga 9,66 t/ha. Korelasi antara serapan N dengan persentase gabah isis dan hasil gabah tergolong kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16182
Uncontrolled Keywords: Pemupukan, Peningkatan Produksi Padi
Subjects: C > C1000 Cultivated plants
F > F121 Fertilizers
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agroteknologi
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 30 Mar 2022 07:46
Last Modified: 30 Mar 2022 07:46
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15326

Actions (login required)

View Item View Item