Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Biomassa Tanaman Padi (Oryza Sativa L.) Varietas Ciherang pada Sawah Konvensional dengan Metode Pengolahan Citra (Image Processing) dan Perhitungan Berat Jenis

RAHMAT, Nur Fajri Fatoni (2016) Analisis Biomassa Tanaman Padi (Oryza Sativa L.) Varietas Ciherang pada Sawah Konvensional dengan Metode Pengolahan Citra (Image Processing) dan Perhitungan Berat Jenis. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (901kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (886kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tanaman padi menyimpan energi dalam bentuk biomassa, biomassa yang terdapat dalam tanaman terbentuk dari hasil fotosintesis. Biomassa tersebut digunakan untuk proses pertumbuhan dan perkembangan organ utama tanaman yaitu daun, batang dan akar apabila biomassa sudah cukup digunakan untuk melakukan pertumbuhan dan perkembangan pada bagian tersebut, maka biomassa akan diubah menjadi karbohidrat dan disimpan dalam bentuk bulir padi. Maka dari itu pengetahuan tentang biomassa sangat penting untuk menduga produksi padi, diharapkan bila produksi biomassa tanaman padi besar maka produksi padi juga akan besar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghitung biomassa keseluruhan tanaman padi, (2) menghitung alokasi biomassa pada bagian daun, batang, akar dan bulir, (3) mengetahui nilai total efisiensi penggunaan radiasi matahari oleh tanaman padi. Penelitian ini dilaksanakan di desa Piasa Kulon, Kecamatan Somagede, Kabupaten Banyumas, pada bulan Mei – September 2015. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan pada 3 petak sawah masing-masing petak diambil 5 sampel tanaman. Analisis yang dilakukan adalah, perhitungan biomassa daun dengan menggunakan metode pengolahan citra (Image Processing) dan kalibrasi luas daun m 2 /gram, biomassa batang dengan menggunakan kalibrasi volume batang cm 3 /gram, biomassa akar menggunakan metode pengolahan citra (Image Processing) dan kurva sigmoid, biomassa bulir menggunakan berat rata-rata satu bulir dikalikan dengan jumlah bulir per rumpun, dan efisiensi radiasi matahari diturunkan melalui pengukuran biomassa tanaman padi dan perhitungan radiasi surya yang diintersepsi tajuk tanaman, diduga menggunakan hukum Beer. Biomassa keseluruhan yang dihasilkan oleh 5 sampel tanaman padi pada 3 petak pengamatan, pada petak 1 terbesar terdapat pada tanaman 2 yaitu sebesar 71.15 gram, pada petak 2 terdapat pada tanaman 5 sebesar 82.21 gram dan pada petak 3 terdapat pada tanaman 2 yaitu sebesar 62.17 gram. Alokasi biomassa pada masing-masing organ utama tanaman padi (daun, batang, akar dan bulir) pada tanaman 2 petak 1 sebesar 6.11 gram; 10.81 gram; 2.51 gram; 51.72. Pada tanaman 5 petak 2 sebesar 10.18 gram; 9.77 gram; 2.71 gram; 59.55 gram, dan pada tanaman 2 petak 3 sebesar 6.81 gram; 6.78 gram; 1.77 gram; 46.82 gram. Total nilai efisiensi penggunaan radiasi matahari (EPR) oleh tanaman padi selama masa tanam terbesar menghasilkan nilai sebanyak 1.9 g/MJ. Pada bagian daun sebesar 0.23 g/MJ, batang 0.22 g/MJ, akar 0.06 g/MJ, dan bulir 1.39 g/MJ.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16206
Uncontrolled Keywords: Budidaya Padi
Subjects: P > P335 Plants Growth
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Teknik Pertanian
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 06 Apr 2022 07:48
Last Modified: 06 Apr 2022 07:48
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15341

Actions (login required)

View Item View Item