Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Eksplorasi Kumbang Tomcat (Paederus fuscipes Curtis.) dan Kemampuan Pemangsaannya terhadap Wereng Batang Cokelat (Nilaparvata lugens Stal.) di Kabupaten Banyumas

KURNIA, Dody Gusti (2016) Eksplorasi Kumbang Tomcat (Paederus fuscipes Curtis.) dan Kemampuan Pemangsaannya terhadap Wereng Batang Cokelat (Nilaparvata lugens Stal.) di Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (893kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (892kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (997kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Padi (Oryza sativa L.) merupakan tanaman pangan pokok hampir seluruh rakyat Indonesia. Produksi padi setiap tahunnya mengalami fluktuatif. Upaya peningkatan produksi padi di Indonesia menghadapi berbagai kendala, salah satunya yaitu hama. Wereng batang cokelat (WBC) merupakan hama yang penting karena mampu membentuk populasi cukup besar dalam waktu singkat dan merusak tanaman padi pada semua fase pertumbuhan (Marheni, 2004). Kumbang tomcat merupakan serangga predator yang bersifat polifag sehingga mampu untuk mengendalikan berbagai spesies serangga hama yang ada di persawahan termasuk WBC (Wagiman et al, 2014). Eksplorasi WBC dan kumbang tomcat di lapangan perlu dilakukan untuk mengetahui populasinya serta intensitas serangan WBC dan korelasinya terhadap peranan tomcat di lapangan. Uji predatisme kumbang tomcat terhadap mangsa utama (WBC) dan mangsa alternatif juga perlu dilakukan untuk mengetahui potensinya dalam mengendalikan WBC. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui populasi kumbang tomcat dan WBC 2) mengetahui tingkat predatisme kumbang tomcat terhadap WBC 3) mengetahui tingkat ketertarikan predator kumbang tomcat untuk memangsa mangsa alternatif. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Perlindungan Tanaman, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto. Penelitian meliputi 1) eksplorasi kumbang tomcat dan WBC yang dilakukan di lima kecamatan di Kabupaten Banyumas masing-masing terdiri dari lima desa. Sampel ditentukan dengan metode purposive random sampling. Variabel yang diamati adalah populasi kumbang tomcat, populasi WBC dan intensitas serangannya. 2) uji predatisme kumbang tomcat terhadap wereng batang cokelat. Uji predatisme dilakukan dengan membandingkan tingkat predatisme terhadap 2 stadia WBC (nimfa dan imago) dan kerapatan mangsa (10, 20 dan 30). Variabel yang diamati yaitu lama mencari mangsa, jumlah mangsa yang dimangsa, persentase pemangsaan dan lama menangani mangsa. 3) uji preferensi kumbang tomcat terhadap mangsa alternatif dilakukan dengan membandingkan tingkat preferensi pemangsa kumbang tomcat terhadap 3 jenis mangsa yaitu Aphis craccivora, Bemisia tabaci, Aphis gossypii. Hasil penelitian eksplorasi menunjukkan populasi kumbang tomcat dan wereng batang cokelat dipengaruhi oleh lokasi yang berbeda baik antar kecamatan maupun antar desa. Tingkat predatisme kumbang tomcat terhadap wereng batang cokelat stadia nimfa lebih tinggi yaitu 6,9 individu/24 jam dibandingkan stadia imago yaitu 4,5/24 jam individu. Tingkat predatisme kumbang tomcat terhadap wereng batang cokelat dengan kerapatan 30 individu yaitu 7,6 individu/24 jam, lebih tinggi dibandingkan kerapatan 20 dan 10 individu masing-masing 5,5 dan 4,0 individu/24 jam. Mangsa alternatif yang paling disukai kumbang tomcat yaitu Aphis gossypii dengan jumlah mangsa yang dimangsa sebanyak 8 individu/24 jam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: A16300
Uncontrolled Keywords: Kumbang Tomcat, Wereng Batang Cokelat ,Banyumas
Subjects: P > P178 Pest control Plant
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agroteknologi
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 08 Apr 2022 07:56
Last Modified: 08 Apr 2022 07:56
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15462

Actions (login required)

View Item View Item