Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Kelimpahan dan Variasi Morfometrik Trichodina sp. pada Benih Ikan Gurami (Osphronemus gouramy Lac.) di Kolam Budidaya Desa Beji Kecamatan Kedungbanteng Banyumas

NURROCHMAH, Hastia Sahadian (2016) Kelimpahan dan Variasi Morfometrik Trichodina sp. pada Benih Ikan Gurami (Osphronemus gouramy Lac.) di Kolam Budidaya Desa Beji Kecamatan Kedungbanteng Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (975kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (962kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (973kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Desa Beji Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas merupakan salah satu sentra pembenihan ikan gurami. Trichodina sp. merupakan salah satu parasit yang menginfeksi benih ikan gurami. Trichodina sp. ditemukan hampir di seluruh wilayah sentra benih ikan gurami dengan tingkat patogenisitas mencapai 80%. Benih pendederan I merupakan komponen yang rawan, karena rentan terinfeksi Trichodina sp. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelimpahan dan morfometrik parasit Trichodina sp. yang menginfeksi benih ikan gurami pendederan I di Kolam Budidaya Desa Beji. Penelitian dilakukan dengan metode survei dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Sampel benih ikan gurami diambil dari kolam budidaya benih ikan gurami pendederan I milik petani yang ada di Desa Beji. Sampling dilakukan sebanyak empat kali. Setiap sampling diambil 25 ekor sehingga total sampel sebanyak 100 ekor. Variabel penelitian adalah kelimpahan Trichodina sp. dengan parameter jumlah Trichodina sp. serta variabel morfometrik dengan parameter diameter tubuh, diameter cincin dentikel, diameter disc perekat, jumlah dentikel dan lebar membran Trichodina sp. Kelimpahan diperoleh dengan menghitung rataan jumlah individu Trichodina sp. dengan jumlah benih ikan yang terinfeksi. Karakteristik morfometrik Trichodina sp. dilakukan dengan teknik sampling dari setiap benih ikan terinfeksi. Data variasi morfometrik Trichodina sp. dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa seluruh benih ikan gurami yang diperiksa terinfeksi Trichodina sp. Jumlah Trichodina sp. yang ditemukan sebanyak 5794 individu dari benih ikan yang terinfeksi. Kelimpahan total Trichodina sp. pada benih ikan gurami sebesar 60,35 individu/ekor dan tergolong tinggi. Hasil pengukuran karakter morfologi Trichodina sp. menunjukkan adanya variasi morfometrik dengan diameter tubuh berkisar 60-102,5 µm; diameter cincin dentikel 22,5-52,5 µm; diameter disk perekat 40-62,5 µm; jumlah dentikel 20-26; lebar membran 2,5-7,5 µm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: B16002
Uncontrolled Keywords: Trichodina sp., Gurami, Variasi Morfometrik, Kelimpahan
Subjects: F > F181 Fish culture
Divisions: Fakultas Biologi > S1 Biologi
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 20 Apr 2022 04:44
Last Modified: 20 Apr 2022 04:44
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15607

Actions (login required)

View Item View Item