Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Perkembangan Sel Spermatogenik pada Induk Ikan Nilem (Osteochilus hasselti C.V.) yang Diberi Pakan Berbahan Utama Kecambah Kedelai

MULIAWATI, Devi Olivia (2016) Perkembangan Sel Spermatogenik pada Induk Ikan Nilem (Osteochilus hasselti C.V.) yang Diberi Pakan Berbahan Utama Kecambah Kedelai. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (900kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (890kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (882kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Produksi spermatozoa yang berkualitas dalam jumlah banyak merupakan salah satu faktor utama penentu keberhasilan reproduksi pada ikan. Oleh karena itu upaya untuk meningkatkan produksi spermatozoa melalui peningkatan aktivitas spermatogenesis terus dilakukan. Salah satu upaya ke arah tersebut adalah melalui pemberian nutrisi yang baik kepada induk yang akan dipijahkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi perkembangan spermatogenik pada induk ikan nilem yang diberi pakan berbahan utama kecambah kedelai dan mengetahui prosentase kadar protein pakan yang mampu meningkatkan perkembangan spermatogenik pada induk nilem (Osteochillus hasselti C.V.) pasca mijah Metode penelitian berupa ekperimental dengan rancangan percobaan RAL (Rancangan Acak Lengkap) dengan 4 perlakuan yaitu pemberian pakan dengan kadar protein nabati 37,5% (P1), 32,5% (P2), 27,5% (P3), dan 22,5% (P4). Masingmasing perlakuan diulang sebanyak 6 kali. Ikan uji dipelihara selama 8 minggu. Volume, motilitas dan jumlah sel spermatozoa per ml milt diamati pada minggu ke 2, 4, 6, dan 8 pasca mijah dan ikan dibedah pada minggu ke 8 pasca mijah guna mengamati gonado somatic index (GSI). Proporsi sel spermatogenik diamati dengan pembuatan preparat irisan histologi testis. Hasil menunjukkan bahwa volume milt dan GSI pada induk ikan nilem pasca mijah menurun dengan pemberian pakan berprotein nabati (p<0,05). Pakan dengan kadar protein 22,5% mampu memberikan nilai rataan tertinggi pada motilitas milt dan GSI. Volume milt berasosiasi dengan konsentrasi spermatozoa (r=0,362; p=0,038). Pemberian pakan berprotein nabati meningkatkan perkembangan spermatogenik (p<0,05). Perkembangan spermatogenik pada induk ikan nilem pasca mijah meningkat dengan pemberian pakan berprotein nabati berbahan utama kecambah kedelai, namun hidrasinya terhambat. Kadar protein dalam pakan yang mampu meningkatkan perkembangan spermatogenik pada induk ikan nilem adalah 37,5% (P1). Namun yang menghasilkan outcome terbaik adalah pakan berprotein nabati 22,5% (P4).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: B16003
Uncontrolled Keywords: Osteochilus hasselti C.V., Perkembangan Spermatogenik, Ikan Nilem, Kecambah Kedelai
Subjects: A > A340 Animal reproduction
Divisions: Fakultas Biologi > S1 Biologi
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 20 Apr 2022 07:29
Last Modified: 20 Apr 2022 07:29
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15608

Actions (login required)

View Item View Item