Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Evaluasi Penggunaan Kadar DNA dalam Jaringan dan Dimensi Eritrosit sebagai Indikator Poliploidisasi pada Ikan Nilem (Osteochilus vittatus V.)

AYUNINGTHIAS, Nadia (2016) Evaluasi Penggunaan Kadar DNA dalam Jaringan dan Dimensi Eritrosit sebagai Indikator Poliploidisasi pada Ikan Nilem (Osteochilus vittatus V.). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (982kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (985kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ikan nilem merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang potensial di kabupaten Banyumas. Permintaan benih ikan Nilem meningkat tetapi permintaan tersebut belum terpenuhi. Kendala utama yang dihadapi yaitu rendahnya produktivitas. Peningkatan produktivitas ikan nilem dapat dilakukan dengan peningkatan nutrisi dalam pakan. Saat ini disinyalir telah terjadi penurunan kualitas induk maupun benih ikan Nilem yang dipelihara oleh petani ikan. Beberapa usaha dan penelitian telah dilakukan dalam upaya peningkatan produktivitas dan perbaikan serta peningkatan kualitas genetik ikan nilem seperti manipulasi kromosom melalui teknik poliploidisasi. Poliploidisasi merupakan metode manipulasi kromosom untuk perbaikan dan peningkatan kualitas genetik ikan. Penelitian ini menggunakan metode tersebut bertujuan untuk menghasilkan kualitas benih yang unggul. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Poliploidisasi dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan kejut panas pada telur ikan yang telah di fertilisasi dengan menit tertentu yaitu menit ke 1 dan 3. Masing-masing perlakuan diulang 6 kali. Parameter uji adalah kecepatan pertumbuhan relatif (panjang tubuh), laju pertumbuhan spesifik (berat tubuh). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pemberian kejut panas, sedangkan variabel terikat adalah kadar DNA per gram jaringan, diameter dan volume sel serta inti eritrosit. Metode Analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif meliputi kadar DNA dalam setiap gram jaringan sirip, luas, volume dan inti eritrosit akan dianalisis menggunakan Anova satu arah pada signifikasi 0,05. Keterkaitan antara ploidi dengan kadar DNA, ukuran eritrosit dan perkembangan ikan Nilem akan dianalisis menggunakan uji korelasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: B16017
Uncontrolled Keywords: Osteochilus vittatus V., Fertilisasi, Kejut Panas, Poliploidisasi, Triploid
Subjects: B > B352 Breeding
F > F182 Fishes
F > F394 Freshwater biology
Divisions: Fakultas Biologi > S1 Biologi
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 21 Apr 2022 06:38
Last Modified: 21 Apr 2022 06:38
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15633

Actions (login required)

View Item View Item