Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Inokulasi Azospirillum spp. terhadap Pertumbuhan Vegetatif Tanaman Tomat (Lycopersicum esculentum) pada Campuran Tanah Pasir Besi dan Pupuk Kompos

ZULAIKHA, Siti (2016) Pengaruh Inokulasi Azospirillum spp. terhadap Pertumbuhan Vegetatif Tanaman Tomat (Lycopersicum esculentum) pada Campuran Tanah Pasir Besi dan Pupuk Kompos. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (908kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (901kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (902kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (916kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (892kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (995kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Azospirillum merupakan bakteri tanah penambat nitrogen non simbiotik yang mampu menghasilkan zat tumbuh IAA (Indole Acetic Acid) dan hidup berasosiasi dengan sistem perakaran tanaman. Azospirillum juga diketahui mampu meningkatkan ketersediaan hara tanah, sehingga dapat membantu pertumbuhan tanaman. Isolat Azospirillum spp. (HR42, KR36, dan KP37) yang digunakan pada penelitian berasal dari rhizosfer dan tanah pasir besi yang telah diketahui kemampuannya dalam menambat nitrogen. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh: komposisi media tanam yang berbeda terhadap pertumbuhan vegetatif tanaman tomat, inokulasi Azospirillum spp. terhadap pertumbuhan vegetatif tanaman tomat, dan interaksi antara komposisi media tanam dan isolat Azospirillum spp. terhadap pertumbuhan vegetatif tanaman tomat. Parameter utama yang diamati adalah pertumbuhan tanaman tomat (meliputi kadar klorofil, tinggi tanaman dan panjang akar tanaman terpanjang) dan populasi Azospirillum spp. pada akar atau rhizosfer. Penelitian dilakukan secara eksperimental menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan pola faktorial yang terdiri atas 2 faktor. Faktor pertama yaitu komposisi media tumbuh tanaman dengan 3 taraf, yaitu media tanah pasir besi (M1), campuran antara media tanah pasir besi dan pupuk kompos dengan perbandingan 2:1 (M2), dan 1:1 (M3). Faktor kedua yaitu isolat Azospirillum spp. dengan 5 taraf yaitu kontrol tanpa Azospirillum spp. (A0), isolat Azospirillum sp. HR42 (A1), isolat Azospirillum sp. KR36 (A2), isolat Azospirillum sp. KP37 (A3), dan campuran isolat Azospirillum sp. HR42, KR36, serta KP37 (A4). Isolat-isolat tersebut diinokulasikan pada akar tanaman tomat di rumah kaca. Hasil penelitian menunjukkan komposisi media tanam campuran tanah pasir besi dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1 berpengaruh paling baik dalam meningkatkan pertumbuhan tanaman tomat, terutama terhadap kadar klorofil daun tanaman tomat (Fhit > Ftab.o,5). Jenis isolat Azospirillum spp. dan interaksi antara komposisi media tanam dengan isolat Azospirillum spp. tidak mampu meningkatkan pertumbuhan vegetatif tanaman tomat (Fhit < Ftab.o,5).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: B16021
Uncontrolled Keywords: Azospirillum spp., Campuran Media Tanah Pasir Besi dan Pupuk Kompos, Pertumbuhan Vegetatif Tomat
Subjects: F > F122 Fertilizers Herbicides
G > G271 Growth
Divisions: Fakultas Biologi > S1 Biologi
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 22 Apr 2022 02:22
Last Modified: 22 Apr 2022 02:22
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15645

Actions (login required)

View Item View Item