Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Strategi Komunikasi Perusahaan Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja PT. Ashindo Tama dalam Melakukan Pelatihan K3 di Masa Pandemi Covid-19

ALDIANSYAH, Defara Mohammad (2022) Strategi Komunikasi Perusahaan Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja PT. Ashindo Tama dalam Melakukan Pelatihan K3 di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover-Defara Mohammad Aldiansyah-F1C018088-Skripsi-2022.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas-Defara Mohammad Aldiansyah-F1C018088-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak-Defara Mohammad Aldiansyah-F1C018088-Skripsi-2022.pdf

Download (170kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Defara Mohammad Aldiansyah-F1C018088-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Defara Mohammad Aldiansyah-F1C018088-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Defara Mohammad Aldiansyah-F1C018088-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Defara Mohammad Aldiansyah-F1C018088-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Defara Mohammad Aldiansyah-F1C018088-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka-Defara Mohammad Aldiansyah-F1C018088-Skripsi-2022.pdf

Download (202kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Defara Mohammad Aldiansyah-F1C018088-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Perusahaan Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja PT. Ashindo Tama dalam Melakukan Pelatihan K3 di Masa Pandemi Covid-19. Penelitian dilakukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi komunikasi yang diterapkan oleh PJK3 PT. Ashindo Tama di masa pandemi covid-19 serta hambatan-hambatan yang terdapat pada penerapan strategi komunikasi tersebut. Melalui paradigma konstruktivisme, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun lokasi penelitian pada PJK3 PT. Ashindo Tama di Cilacap, Jawa Tengah. Adapun yang melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini yaitu adanya kondisi pandemi covid-19 yang mempengaruhi segala aktivitas dan kegiatan manusia di segala bidang, salah satunya di bidang pembinaan K3. Melihat posisi PT. Ashindo Tama sebagai Perusahaan Jasa K3 yang memiliki tugas dan tanggung jawab sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku, sehingga menarik bagi penulis untuk melakukan pengakajian lebih dalam terhadap strategi komunikasi yang dilakukan pada pelatihan K3 yang diselenggarakan di masa pandemi covid-19. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa strategi komunikasi yang diterapkan oleh PJK3 PT. Ashindo Tama dalam melakukan pelatihan K3 di masa pandemi covid-19 terdiri dari beberapa komponen strategi komunikasi, meliputi: 1) pengenalan sasaran komunikasi, 2) pemilihan media komunikasi, 3) pengkajian tujuan pesan komunikasi, 4) evaluasi. Di dalam proses penyampaian materi pelatihan K3, trainer menggunakan teknik informasi, teknik persuasi, teknik instruksi, dan teknis brainstorming. Media yang digunakan dalam proses pelatihan yakni zoom meetings, whatsapp, dan google classroom. Selain itu, metode penugasan (pembelajaran mandiri) menjadi saluran yang efektif guna menumbuhkan pemikiran kritis dan menambah pengetahuan serta wawasan para peserta. Hasil analisis pendekatan computer mediated communication (CMC), meliputi: 1) Accessibility pada media yang digunakan mampu menjangkau informasi dengan baik, 2) Speed pada media yang digunakan mampu mengirim dan menerima informasi dengan cepat, 3) Amount pada informasi yang disampaikan melalui media yang digunakan dapat memenuhi kebutuhan informasi peserta, 4) Cognitive Effectiveness yaitu menunjukkan informasi yang disampaikan melalui media sudah cukup efektif untuk menambah pengetahuan K3, 5) Relevance menunjukkan adanya kesesuaiaan informasi dengan apa yang diinginkan oleh trainer maupun peserta, 6) Motivating dalam hal ini media dapat menumbuhkan dan menjaga motivasi peserta. Selanjutnya, hambatan diketahui terdiri dari hambatan teknis (jaringan sinyal, listrik, dll) dan hambatan non teknis (mekanis, semantik, ekologis).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F22133
Uncontrolled Keywords: strategi komunikasi, hambatan komunikasi, computer mediated communication, keselamatan dan kesehatan kerja, perusahaan jasa K3, PT. Ashindo Tama.
Subjects: C > C631 Communication
O > O17 Occupational health and safety
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Defara Mohammad Aldiansyah
Date Deposited: 20 May 2022 02:51
Last Modified: 20 May 2022 02:51
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/15943

Actions (login required)

View Item View Item