Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengembangan Kapasitas Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dalam Pengelolaan Unit Usaha di Desa Karangnangka, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas

FAUZI, Farhan (2022) Pengembangan Kapasitas Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dalam Pengelolaan Unit Usaha di Desa Karangnangka, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Legalitas)
COVER-Farhan Fauzi-F1B018101-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Farhan Fauzi-F1B018101-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Farhan Fauzi-F1B018101-Skripsi-2022.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Farhan Fauzi-F1B018101-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Farhan Fauzi-F1B018101-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Farhan Fauzi-F1B018101-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Farhan Fauzi-F1B018101-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (939kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Farhan Fauzi-F1B018101-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Farhan Fauzi-F1B018101-Skripsi-2022.pdf

Download (180kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Farhan Fauzi-F1B018101-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengembangan Kapasitas Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dalam Pengelolaan Unit Usaha di Desa Karangnangka, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas. Adanya KUBE bertujuan untuk penguatan kapasitas fakir miskin dalam meningkatkan pendapatan dan kemampuan berusaha sehingga mampu memenuhi kebutuhannya secara mandiri serta meningkatkan kesetiakawanan sosial. Salah satu KUBE dengan jenis usaha terlengkap adalah KUBE Maju Bersama di Desa Karangnangka, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas. Namun, dengan usaha yang lengkap justru pendapatan mereka tidak naik secara konsisten. Hal tersebut menunjukkan belum adanya kesiapan sumber daya dan manajemen dalam pengelolaan KUBE dan dikhawatirkan keberadaannya hanya nama saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mencari faktor penyebab pengembangan kapasitas kelompok usaha bersama (KUBE) dalam pengelolaan unit usaha di Desa Karangnangka, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan model kapasitas organisasi dari Horton, dkk yang meliputi dua aspek, yaitu Sumber Daya dan Manajemen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data digunakan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis interaktif. Validitas dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belum adanya peningkatkan dalam pengembangan kapasitas pengurus dalam mengelola KUBE Maju Bersama. Masih ada beberapa aspek yang masih harus diperbaiki. Pada aspek sumberdaya organisasi, staff KUBE Maju Bersama Karangnangka sudah memahami mengenai tugas pokok dan fungsinya namun belum pernah ada pelatihan, ketersediaan infrastruktur dan pemanfaatan teknologi belum mampu dipenuhi, sumber daya keuangan hanya untuk operasional dalam pemenuhan kebutuhan. Pada aspek manajemen, pimpinan melaksanakan tiga dari empat fungsi kepemimpinan yaitu fungsi instruktif, fungsi konsultatif, dan fungsi partisipatif, proses manajemen dalam tahap perencanaan dan pelaksanaan masih terdapat kendala dalam perwujudannya, dalam pengelolaan unit unit usaha KUBE Maju Bersama koordinasi yang dibangun pada internal KUBE berjalan dengan baik, sedangkan pihak KUBE Maju Bersama kurangnya koordinasi serta kerjasama yang dilakukan dengan pihak luar, hal ini terlihat dari tidak adanya pendamping KUBE Maju Bersama yang berdampak pada berkurangnya kepercayaan pihak eksternal terhadap pengelolaan KUBE Maju Bersama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F22157
Uncontrolled Keywords: Kapasitas Organisasi, Kelompok Usaha Bersama (KUBE)
Subjects: C > C650 Community organization
P > P624 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mr FARHAN FAUZI
Date Deposited: 24 May 2022 02:39
Last Modified: 24 May 2022 02:39
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/16030

Actions (login required)

View Item View Item