HARIANJA, Artha Sri Rezeki (2017) Analisis risiko pemasaran tanaman hias pada PT Godong Ijo Asri di kota Depok Jawa Barat. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
Cover_1.pdf Download (26kB) | Preview |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
||
|
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf Download (97kB) | Preview |
|
PDF (BabI)
Bab I_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
||
PDF (BabII)
Bab II_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
||
PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
PDF (BabV)
Bab V_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftarpustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf Download (52kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Kerugian yang ditimbulkan dalam kegiatan pemasaran dapat mempengaruhi hasil pemasaran dan pendapatan yang didapat oleh pelaku usaha. Adanya risiko pemasaran pada tanaman hias dapat dilihat dari variasi dan fluktuasi tingkat keberhasilan penjualan tanaman hias, di mana jumlah tanaman yang ditanam jumlahnya tidak sama dengan jumlah tanaman yang berhasil dijual dan jumlahnya tidak pasti walaupun ditanam dengan jumlah tanaman yang sama setiap periodenya. Penerapan diversifikasi tanaman Walisongo/Schefflera sp, Philo burlemax, Philo golden, dan Hemigraphis dalam upaya mengurangi risiko merupakan suatu hal yang menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi risiko pemasaran tanaman hias yang dihadapi PT Godong Ijo Asri, 2) mengetahui tingkat risiko pemasaran masing-masing kombinasi diversifikasi tanaman hias di PT Godong Ijo Asri, 3) mengidentifikasi alternatif bentuk penanganan risiko pemasaran yang sebaiknya dilakukan oleh PT Godong Ijo Asri. Penelitian ini dilakukan pada PT Godong Ijo Asri yang berlokasi di Jalan Cinangka Raya No. 60, Desa Serua, Sawangan, Depok, Jawa Barat. Pemilihan lokasi dilakukan dengan sengaja (purposive). Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Penelitian ini berlangsung selama satu bulan yaitu April 2017. Sasaran penelitian yaitu bagian pemasaran dan produksi tanaman hias di PT Godong Ijo Asri. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi literatur. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif yang digunakan untuk identifikasi risiko. Penelitian ini juga menggunakan analisis risiko yang mengukur baik kegiatan spesialisasi maupun kegiatan diversifikasi yang dilakukan perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa risiko pemasaran tanaman hias yang dapat diidentifikasi yaitu adanya produk tidak terjual dan kerusakan tanaman pada saat pengiriman yang menyebabkan kerugian bagi perusahaan. Kombinasi diversifikasi dari tanaman hias di PT Godong Ijo Asri memiliki tingkat risiko pemasaran (koefisien variasi) yang berbeda-beda. Tingkat risiko pemasaran paling rendah yaitu kombinasi tanaman hias Walisongo/Schefflera sp dan Philo burlemax, sedangkan tingkat risiko pemasaran paling tinggi yaitu kombinasi tanaman hias Philo golden dan Hemigraphis. PT Godong Ijo Asri belum melakukan penanganan pada risiko pemasaran yang dihadapi, sehingga alternatif bentuk penanganan risiko pemasaran yang perlu dilakukan adalah kontrak pemasaran, perbaikan pada standar operasional distribusi dan tetap melakukan diversifikasi usaha.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | A17427 |
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran Tanaman Hias; Analisis usaha |
Subjects: | C > C1003 Cultivated plants Flower gardening Plants F > F63 Farm produce Marketing |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
Depositing User: | Mrs Endang Kasworini |
Date Deposited: | 22 Jun 2020 03:54 |
Last Modified: | 22 Jun 2020 03:54 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/1635 |
Actions (login required)
View Item |