Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Upaya meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen menggunakan metode picture and picture pada siswa kelas IX G SMP Negeri 6 Purwokerto

MUHAMMAD, Julkifli (2022) Upaya meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen menggunakan metode picture and picture pada siswa kelas IX G SMP Negeri 6 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Julkifli Muhammad-J1D015047-Skripsi-2022.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Julkifli Muhammad-J1D015047-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Julkifli Muhammad-J1D015047-Skripsi-2022.pdf

Download (186kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Julkifli Muhammad-J1D015047-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF (Babii)
BAB-II-Julkifli muhammad-J1D015047-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Julkifli Muhammad-J1D015047-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Julkifli Muhammad-J1D015047-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Julkifli Muhammad-J1D015047-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR-PUSTAKA-Julkifli Muhammad-J1D015047-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Julkifli Muhammad-J1D015047-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Muhammad, Julkifli. 2022. “Upaya meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen menggunakan metode picture and picture pada siswa kelas IX G SMP Negeri 6 Purwokerto”. Skripsi. Purwokerto: Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Jenderal soedirman. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen dengan menggunakan metode picture and picture pada siswa kelas IX G SMP Negeri 6 Purwokerto. Subjek penelitian ini, yaitu kelas IX G SMP Negeri 6 Purwokerto dengan jumlah siswa 34 orang. Penelitian ini dilakukan karena masih rendahnya keterampilan menulis teks cerpen pada siswa kelas IX G SMP Negeri 6 Purwokerto Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Terdapat empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan teknik nontes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan menulis teks cerpen pada siswa kelas IX G SMP Negeri 6 Purwokerto mengalami peningkatan dengan menggunakan metode picture and picture. Peningkatan keterampilan tersebut dapat dibuktikan dengan adanya hasil keterampilan menulis teks cerpen dan perubahan perilaku belajar siswa, yaitu siswa merasa lebih mudah, dan merasa lebih tertarik untuk membuat teks cerpen, dan dapat membuat pembelajaran yang lebih menyenangkan, serta menumbuhkan motivasi, dan minat siswa pada saat mengikuti proses pembelajaran berlangsung. Peningkatan keterampilan menulis teks cerpen dapat dilihat dari beberapa tahap, siklus I yaitu 61,5% dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 65%, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85% dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 100%. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen pada siswa kelas IX G SMP Negeri 6 Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J22130
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran, metode picture and picture, menulis teks cerpen.
Subjects: P > P291 Picture writing
W > W234 Writing
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Julkifli Muhammad
Date Deposited: 21 Jun 2022 00:50
Last Modified: 21 Jun 2022 00:50
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/16361

Actions (login required)

View Item View Item