Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Relasi Aktor dalam Implementasi Program Gerakan Kembali Bersekolah di Kabupaten Brebes

FARIZI, Muhammad Razi (2022) Relasi Aktor dalam Implementasi Program Gerakan Kembali Bersekolah di Kabupaten Brebes. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-MUHAMMAD RAZI FARIZI-TESIS-F2A018020-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Cover)
COVER-MUHAMMAD RAZI FARIZI-TESIS-F2A018020-2022.pdf

Download (227kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-MUHAMMAD RAZI FARIZI-TESIS-F2A018020-2022.pdf

Download (395kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-MUHAMMAD RAZI FARIZI-TESIS-F2A018020-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 August 2023.

Download (417kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-MUHAMMAD RAZI FARIZI-TESIS-F2A018020-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 August 2023.

Download (917kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-MUHAMMAD RAZI FARIZI-TESIS-F2A018020-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 August 2023.

Download (529kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-MUHAMMAD RAZI FARIZI-TESIS-F2A018020-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-MUHAMMAD RAZI FARIZI-TESIS-F2A018020-2022.pdf

Download (398kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-MUHAMMAD RAZI FARIZI-TESIS-F2A018020-2022.pdf

Download (625kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN-MUHAMMAD RAZI FARIZI-TESIS-F2A018020-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Program Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) di Kabupaten Brebes berawal dari IPM yang rendah di Provinsi Jawa Tengah yakni 64,16. Hal ini karena tingginya angka putus sekolah (ATS) di Brebes. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relasi aktor dan tantangan dalam implementasi Program Gerakan Kembali Bersekolah di Kabupaten Brebes. Metode penelitian kualitatif ini menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi. Penelitian dilakukan pada bulan Mei tahun 2022. Analisis data penelitian menggunakan metode Miles Saldana dan Huberman. Hasil penelitian menemukan aktor yang terlibat pada players adalah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga serta Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP). Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes berperan penting karena program ini menjadi kewajiban dalam pelayanan dasar bidang pendidikan secara bertahap dan berkelanjutan, serta berkeadilan bagi seluruh masyarakat Brebes. FMPP merupakan lembaga khusus yang mengawal ATS kembali bersekolah. Relasi aktor yang terlibat dalam GKB ini dilakukan dengan melakukan rapat koordinasi per tiga bulan di tingkat desa. Rapat dilakukan untuk menyampaikan kendala di lapangan dan menyampaikan solusi dari pengurus FMPP di level desa. Kemudian dilakukan evaluasi keseluruhan yang melibatkan FMPP Kabupaten, kecamatan dan desa. Tantangan dalam implementasi program Gerakan Kembali Bersekolah di Kabupaten Brebes terbagi menjadi empat. Dari pemerintah adalah pencapaian target belum menyeluruh dan anggaran yang terbatas. Dari siswa target GKB adalah masih ada siswa yang malas belajar, anggapan masuk sekolah negeri lebih susah dan siswa yang terlibat dalam bullying. Terutama korban menjadi takut sekolah. Dari sekolah ada yang menolak karena kewalahan dengan jumlah siswa dan menolak karena siswa GKB yang masuk adalah pelaku bullying. Dari masyarakat adalah dana GKB untuk keperluan lain di luar sekolah, anggapan ijazah tidak penting, dan menyuruh anak membantu orangtua mencari nafkah.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P222186
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Gerakan Kembali Bersekolah, Relasi Aktor
Subjects: E > E69 Education
G > G193 Government policy
P > P624 Public administration
Divisions: Program Pascasarjana & Profesi > S2 Administrasi Publik
Depositing User: Mr MUHAMMAD RAZI FARIZI
Date Deposited: 31 Aug 2022 01:55
Last Modified: 31 Aug 2022 01:55
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/17925

Actions (login required)

View Item View Item