Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Identifikasi Kerusakan Lapisan Permukaan Jalan Akibat Pengaruh Kondisi Tanah Dasar (Studi Kasus Wilayah Kecamatan Purbalingga, Kecamatan Kalimanah, dan Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah)

PRINANDA, Dhemar (2019) Identifikasi Kerusakan Lapisan Permukaan Jalan Akibat Pengaruh Kondisi Tanah Dasar (Studi Kasus Wilayah Kecamatan Purbalingga, Kecamatan Kalimanah, dan Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_Dhemar Prinanda-H1D013016-Skripsi-2019.pdf

Download (526kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_Dhemar Prinanda-H1D013016-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_Dhemar Prinanda-H1D013016-Skripsi-2019.pdf

Download (570kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_Dhemar Prinanda-H1D013016-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_Dhemar Prinanda-H1D013016-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_Dhemar Prinanda-H1D013016-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_Dhemar Prinanda-H1D013016-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_Dhemar Prinanda-H1D013016-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dhemar Prinanda-H1D013016-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Jalan raya merupakan prasarana yang sangat dibutuhkan dalam suatu wilayah. Jalan raya haruslah memiliki tingkat pelayanan yang baik serta aman karena digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Kondisi jalan raya yang baik dan nyaman sangat didambakan oleh setiap pengguna prasarana jalan (user). Salah satu penyebab kondisi jalan raya yang tidak baik adalah karena adanya penurunan fungsi dari lapisan perkerasan itu sendiri. Sifat tanah sangatlah berpengaruh pada kerusakan jalan dikarenakan memiliki pergerakan dinamis yang mengakibatkan daya ikat antar penyusun jalan mengalami penurunan daya dukungnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi kerusakan jalan akibat pengaruh jenis atau kondisi tanah dasar di 3 (tiga) kecamatan yang ada di Kabupaten Purbalingga yaitu Kecamatan Kalimanah, Kecamatan Purbalingga dan Kecamatan Kemangkon. Proses penelitian dimulai dengan mengukur tingkat kekasaran pada lapisan permukaan jalan pada setiap lokasi tinjauan penelitian menggunakan parameter International Roughness Index (IRI) untuk selanjutnya digunakan mengklasifikasikan kondisi kerusakan jalan. Kondisi tanah dasar yang dipakai untuk melihat pengaruhnya terhadap potensi kerusakan jalan adalah jenis tanah dasar berdasarkan nilai Rf dan daya dukung tanah berdasarkan nilai qc. Data sekunder berupa data sondir yang ada pada lokasi penelitian diklasifikasikan berdasarkan jenis tanah menggunakan nilai Friction ratio (Rf). Sedangkan nilai qc dari data sondir digunakan untuk menentukan daya dukung dari tanah dasar. Data tersebut dimasukkan ke pemodelan QGIS dengan metode interpolasi IDW dan Krigging. Data spasial yang digabungkan untuk mendapatkan layermap yang menunjukkan potensi kerusakan pada lapisan permukaan jalan akibat pengaruh kondisi tanah dasar. Berdasarkan tumpeng tindih (superimpose) peta tersebut, potensi kerusakan pada lapisan permukaan jalan terjadi pada tingkat kekasaran >8% dalam skala nilai IRI. Berdasarkan analisis indikasi kerusakan jalan pada lapisan permukaan jalan, jenis kerusakan yang berpotensi terjadi karena kondisi tanah dasar timbul pada jenis tanah clay dengan nilai Rf 4,1% - 7% dan daya dukung tanah dasar dengan nilai qc <40. Potensi kerusakannya berupa retak dan distorsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H19115
Uncontrolled Keywords: perkerasan jalan, klasifikasi jenis tanah, daya dukung tanah, kondisi tanah dasar, data spasial, International Roughness Index (IRI).
Subjects: R > R285 Roads
S > S478 Soils
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Mr Rohmadi Rohmadi
Date Deposited: 03 Nov 2022 04:17
Last Modified: 03 Nov 2022 04:17
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/18456

Actions (login required)

View Item View Item