Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Peningkatan Efisiensi Pelayanan Resep Obat Racikan Pasien Non Bpjs Dengan Pendekatan Lean Hospital Pada Instalasi Farmasi Rumah Sakit Emanuel Klampok

PANJAITAN, Debora Fransiska (2019) Peningkatan Efisiensi Pelayanan Resep Obat Racikan Pasien Non Bpjs Dengan Pendekatan Lean Hospital Pada Instalasi Farmasi Rumah Sakit Emanuel Klampok. Skripsi thesis, Universitas Jendeal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_DEBORA FRANSISKA PANJAITAN- H1E015013-Skripsi-FT-2019.pdf

Download (613kB)
[img] PDF (Lagalitas)
Legalitas_DEBORA FRANSISKA PANJAITAN- H1E015013-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_DEBORA FRANSISKA PANJAITAN- H1E015013-Skripsi-FT-2019.pdf

Download (711kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I_DEBORA FRANSISKA PANJAITAN- H1E015013-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_DEBORA FRANSISKA PANJAITAN- H1E015013-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_DEBORA FRANSISKA PANJAITAN- H1E015013-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_DEBORA FRANSISKA PANJAITAN- H1E015013-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_DEBORA FRANSISKA PANJAITAN- H1E015013-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabVI)
Bab VI_DEBORA FRANSISKA PANJAITAN- H1E015013-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_DEBORA FRANSISKA PANJAITAN- H1E015013-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_DEBORA FRANSISKA PANJAITAN- H1E015013-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Persaingan industri rumah sakit di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya, begitu pula RS Emanuel pun tidak ketinggalan untuk meningkatkan kredibilitas pasien dengan peningkatan kualitas terhadap pelayanan yang diberikan. Pelayanan Farmasi merupakan salah satu elemen penting dalam pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit. Menurut Standar Pelayanan Minimal yang telah diatur oleh Kemenkes No 129/ Menkes/SK/II/2008 tentang proses pelayanan resep obat racikan membutuhkan waktu selama ≤60 menit. Oleh karena itu RS Emanuel dituntut untuk melakukan peningkatan kualitas pelayanan farmasi terutama pada pelayanan resep obat racikan milik pasien non BPJS yang seringkali mengalami keterlambatan waktu pelayanan. Metode penelitian yang digunakan adalah lean hospital. Hasil penelitian ini mengidentifikasi waste kritis yang terjadi adalah waiting time dengan komposisi waste to value added sebesar 76,50%:23,50%. Perlu dilakukan perbaikan dengan mengeliminasi waste dan melakukan perbaikan dengan menggunakan lean tools seperti 5 whys analysis, 8 waste, value stream mapping dan visual management. Konsep perbaikan ini meningkatkan efisiensi pelayanan dengan penurunan persentase kegiatan non value added sebanyak 26,14%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H19131
Uncontrolled Keywords: Efisiensi, farmasi, obat racikan, lean tools, waiting time
Subjects: D > D314 Drug
P > P103 Patients
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri
Depositing User: Mr Rohmadi Rohmadi
Date Deposited: 11 Nov 2022 06:54
Last Modified: 11 Nov 2022 06:54
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/18559

Actions (login required)

View Item View Item