Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Partisipasi Politik Perempuan Dalam Masyarakat Jawa Bagelen (Studi Mengenai Potret Capaian Indeks Pemberdayaan Gender di Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Purworejo di Akhir Program MDGs)

LESTARI, Soetji and MARWAH, Sofa and WIDYASTUTI, Tri Rini (2018) Partisipasi Politik Perempuan Dalam Masyarakat Jawa Bagelen (Studi Mengenai Potret Capaian Indeks Pemberdayaan Gender di Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Purworejo di Akhir Program MDGs). In: Seminar Nasional Pengembangan Sumberdaya Perdesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan VIII, 14-15 November 2018, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Fulltext)
Partisipasi Politik Perempuan dalam Masyarakat Jawa Bagelen.pdf - Published Version

Download (645kB)

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji partisipasi politik perempuan dalam masyarakat Jawa Bagelen yang berada di wilayah Kabupaten Purworejo dan Kebumen. Kajian didasarkan pada data sekunder yang bersumber dari Laporan Pembangunan Manusia Berbasis Gender Tahun 2016 yang diterbitkan oleh BPS dan KPPPA, serta Kabupaten Purworejo dalam Angka dan Kabupaten Kebumen dalam Angka. Untuk melihat hasil capaian partisipasi politik perempuan Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Kebumen dibandingkan dengan data yang ada di lingkup regional (Jawa Tengah) dan nasional (Indonesia). Hasil kajian ini memperlihatkan bahwa walaupun Purworejo dan Kebumen berada dalam kultur yang relatif sama yaitu Jawa Bagelen, namun kondisi sosial ekonomi antar kedua wilayah tersebut relatif berbeda. Kabupaten Kebumen dengan tingkat kemiskinan yang cukup tinggi di lingkup Jawa Tengah, namun secara kuantitas memiliki tingkat partisipasi politik perempuan yang cukup tinggi baik secara regional maupun nasional. Hal ini menjadi sebuah kajian menarik mengingat partisipasi politik perempuan yakni perempuan yang duduk dalam lembaga legislatif secara global juga rendah, Indonesia 19,80 persen, Asean 18,20 persen, Asia 19,70 persen, dan dunia 23,60 persen. Secara kualitatif Kebumen juga pernah memiliki kepala daerah perempuan yang berhasil naik jenjang kariernya sampai ke level provinsi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Politik, Perempuan, Kesetaraan Gender
Subjects: P > P388 Political activity
W > W187 Women politicians
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Mrs Sofa Marwah
Date Deposited: 28 Dec 2022 02:00
Last Modified: 28 Dec 2022 02:00
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/19362

Actions (login required)

View Item View Item