Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Bantuan Langsung Tunai (BLT), Persepsi Status Wilayah, dan Standar Hidup Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Baseh, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas

WIDYAWATI, Ririn (2023) Pengaruh Bantuan Langsung Tunai (BLT), Persepsi Status Wilayah, dan Standar Hidup Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Baseh, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Ririn Widyawati-C1C019105-Skripsi-2023.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Ririn Widyawati-C1C019105-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Ririn Widyawati-C1C019105-Skripsi-2023.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Ririn Widyawati-C1C019106-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 February 2024.

Download (148kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Ririn Widyawati-C1C019105-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 February 2024.

Download (317kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Ririn Widyawati-C1C019105-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 February 2024.

Download (213kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Ririn Widyawati-C1C019105-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Ririn Widyawati-C1C019105-Skripsi-2023.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Ririn Widyawati-C1C019105-Skripsi-2023.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Ririn Widyawati-C1C019105-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survei pada masyarakat Desa Baseh, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas. Penelitian ini berjudul: “Pengaruh Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT), Persepsi Status Wilayah, dan Standar Hidup Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Baseh, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas”. Dalam penelitian ini dikaitkan dengan teori New Public Management (NPM) dan untuk dana desa diatur dalam Standar Akuntansi Pemerintah Desa (SAP Desa). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyaluran bantuan langsung tunai (BLT), persepsi status wilayah, standar hidup terhadap kesejahteraan masyarakat. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Baseh yang menjadi penerima bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD). Jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini adalah 104 responden. Pada penelitian ini menggunakan simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif statistik, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji t dan uji f menunjukkan bahwa: (1) Penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) berpengaruh positif terhadap kesejahteraan masyarakat, (2) Persepsi status wilayah tidak berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat, dan (3) Standar hidup berpengaruh positif terhadap kesejahteraan masyarakat. Implikasi dari kesimpulan diatas yaitu dalam hal penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) pihak desa harus dapat lebih selektif . Upaya yang dapat dilakukan dengan dilakukan pengecekan data secara kontinyu sehingga lebih tepat dalam hal penerimaannya. Misalnya dengan melakukan musyawarah untuk menentukan warga yang berhak menerima bantuan. Namun, musyawarah ini tidak hanya dilakukan oleh para RT/ RW ditingkat desa saja, tetapi pengadaan musyawarah juga dilakukan di tingkat RT bersama para warga. Sehingga terjadi saling keterbukaan antara warga satu dengan yang lain. Pemberian sosialisasi mengenai kriteria penerima bantuan di Desa Baseh seperti salah satunya yaitu dalam satu rumah yang boleh menerima bantuan hanya satu orang. Pasalnya, peraturan setiap desa tidak dipungkiri dapat berbeda. Kemudian dilakukan pengecekan berkala misalnya setiap tiga bulan sekali dapat memberikan keefektifan dalam hal sasaran penerima yang bertujuan berusaha memberikan keadilan kepada masyarakat sehingga tingkat kesejahteraan masyarakat Baseh dapat meningkat. Upaya lain yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dilihat dari status wilayah Desa Baseh yang merupakan pedesaan dengan jumlah sumber daya alam yang cukup melimpah serta sumber daya manusia yang banyak yaitu dengan pemanfaatan wisata yang ada di Desa Baseh. Wisata alam yang bagus dapat ditingkatkan dan dilestarikan sehingga dapat menarik banyak wisatawan. Oleh karena hal tersebut masyarakat dapat mengembangkan ide untuk berjualan. Dengan demikian dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar, terlebih ketika pembangunan rest area Desa Baseh selesai dan dapat digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C23087
Uncontrolled Keywords: BLT, Dana Desa, SAP Desa, New Public Management, Kesejahteraan Masyarakat.
Subjects: G > G193 Government policy
P > P652 Public welfare
R > R172 Regionalism
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Mrs Ririn Widyawati
Date Deposited: 06 Feb 2023 07:02
Last Modified: 06 Feb 2023 07:02
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/19880

Actions (login required)

View Item View Item