Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Geologi Dan Studi Geokimia Batuan Intrusi Daerah Gentansari Dan Sekitarnya, Kecamatan Pagedongan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah

HIKMATULLAH, Muhammad Falih (2023) Geologi Dan Studi Geokimia Batuan Intrusi Daerah Gentansari Dan Sekitarnya, Kecamatan Pagedongan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1. Cover FAlih.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Legalitas)
2. Legalitas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)
[img] PDF (Abstrak)
3. Abstrak.pdf

Download (141kB)
[img] PDF (BabI)
4. BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 February 2024.

Download (270kB)
[img] PDF (BabII)
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 February 2024.

Download (773kB)
[img] PDF (BabIII)
6. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 February 2024.

Download (196kB)
[img] PDF (BabIV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabV)
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (202kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Daerah Gentansari dan sekitarnya, Kecamatan Pagedongan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah secara umum tersusun oleh batuan vulkanik dan plutonik. Adanya intrusi di daerah ini menarik untuk diteliti sebab dapat memberikan informasi mengenai komposisi geokimia dan pembentukannya. Intrusi adalah terobosan batuan beku yang telah menjadi kristal dari suatu sistem magma di bawah permukaan bumi. Intrusi dapat disebut juga plutonik yang berarti magma yang membeku di bawah permukaan bumi sebelum mencapai permukaan. Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah melakukan analisis geokimia berdasarkan komposisi unsur oksida utama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi geologi daerah penelitian, mengetahui komposisi geokimia batuan intrusi daerah penelitian, mengetahui pembentukan batuan intrusi daerah penelitian berdasarkan data geokimia dan implikasinya terhadap rezim tektonik. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi analisis kondisi geologi, analisis komposisi geokimia, dan analisis pembentukan batuan intrusi berdasarkan data geokimia unsur oksida utama. Analisis geologi yang dilakukan antara lain analisis geomorfologi, analisis stratigrafi, dan analisis struktur geologi. Hasilnya menjunjukkan bahwa geomorfologi daerah penelitian antara lain kondisi geomorfologi yang terbagi menjadi 3 satuan, yaitu Satuan Dataran Kaki Gunung Api Masaran, Satuan Perbukitan Intrusi Gentansari, dan Satuan Perbukitan Sisa Gunungapi Gentansari. Pola aliran sungai yang berkembang adalah pola aliran paralel dan dendritik. Stratigrafi daerah penelitian dari yang tertua sampai termuda yaitu Satuan Breksi Polimik, Satuan Intrusi Diorit, dan Satuan Breksi Andesit. Struktur geologi yang berkembang pada daerah penelitian antara lain Sesar Mendatar Kanan dengan orientasi utara - selatan, kemudian dari analisis kelurusan bukit dan lembah didapatkan hasil kelurusan dengan orientasi baratlaut – tenggara masing-masing berarah N 150ºE dan N 135º E. Analisis geokimia terdiri dari penentuan jenis magma, penentuan afinitas magma, penentuan kedalaman magma, dan fraksional kristalisasi. Batuan Intrusi pada daerah penelitian merupakan jenis batuan Diorit, termasuk dalam jenis magma andesitik, berafinitas magma kalk alkali, dan terbentuk di kedalaman 157,9 km. Terjadi fraksional kristalisasi yang membentuk mineral seperti piroksen, plagioklas, horblende, ortoklas, apatit, dan ilmenit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H23038
Uncontrolled Keywords: Afinitas, Diorit, Fraksional Kristalisasi, Geokimia, Unsur Oksida Utama
Subjects: G > G69 Geochemistry
G > G81 Geology Minerals Rocks Stone
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Geologi
Depositing User: Mr Muhammad Falih Hikmatullah
Date Deposited: 14 Feb 2023 04:21
Last Modified: 14 Feb 2023 04:21
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20060

Actions (login required)

View Item View Item